alexametrics

7 Ramuan dari Tanaman Obat untuk Kesehatan, Ada Penambah Nafsu Makan!

M. Reza Sulaiman
7 Ramuan dari Tanaman Obat untuk Kesehatan, Ada Penambah Nafsu Makan!
Tanaman obat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Suara.com/ Peter Rotti)

Indonesia memiliki kekayaan luar biasa dalam aspek tanaman obat. Sejumlah ramuan bahkan sudah dibuktikan secara ilmiah mampu memberikan manfaat untuk kesehatan.

Suara.com - Indonesia memiliki kekayaan luar biasa dalam aspek tanaman obat. Sejumlah ramuan bahkan sudah dibuktikan secara ilmiah mampu memberikan manfaat untuk kesehatan.

Melansir laman Litbang Kemenkes, Hasil Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (RISTOJA) tahun 2017 telah mengelompokkan temuan ramuan berdasarkan indikasi penyakit. Beberapa ramuan mempunyai kegunaan untuk mengatasi keluhan yang bersifat preventif dan promotif dan dapat dikembangkan untuk menunjang program prioritas Kementerian Kesehatan.

Untuk daftar lengkapnya, simak di bawah ini:

Ramuan pelancar ASI

Baca Juga: Mau Tingkatkan Kemampuan Kognitif? Yuk Konsumsi 5 Herbal dan Rempah Berikut

Ramuan pelancar ASI digunakan untuk kondisi ibu menyusui dengan produksi air susu ibu tidak memadai. Tumbuhan obat yang digunakan untuk mengatasi keluhan tersebut antara lain Sauropus androgynus (L.) Merr, Musa x paradisiaca L, Carica papaya L. Artocarpus heterophyllus Lam serta Arachis hypogaea L.

Sauropus androgynus adalah tumbuhan yang paling sering ditemukan dalam ramuan pelancar ASI, berikutnya adalah M. paradisiaca dan C. papaya.

Ketiga jenis tumbuh sering digunakan oleh masyarakat untuk sayuran dan buah. Tumbuhan yang lain hanya ditemukan dalam satu atau dua ramuan pelancar ASI

Ramuan penambah nafsu makan

Kurang nafsu makan yang dimaksud dalam RISTOJA adalah kondisi tidak/kurang selera makan dan badan terlalu kurus karena berbagai sebab.

Baca Juga: 5 Minuman untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Lima tumbuhan yang paling banyak digunakan dalam ramuan penambah nafsu makan/anoreksia adalah Curcuma longa L., Curcuma zanthorrhiza Roxb, Zingiber officinale Roscoe, Curcuma mangga Valeton & Zijp, Syzygium aromaticum (L.) Merr. & L.M.Perry

Komentar