alexametrics

Dear Parents, Ini 5 Cara Cegah Cyberbullying Pada Anak

Bimo Aria Fundrika
Dear Parents, Ini 5 Cara Cegah Cyberbullying Pada Anak
Ilustrasi cyberbullying pada anak-anak bisa berdampak buruk. [Shutterstock]

Salah satu dampak negatif dari media sosial yaitu, adanya cyberbullying. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan psikis anak jika mengalaminya.

Suara.com - Media sosial adalah hal yang cukup penting di era digital saat ini. Melalui media sosial, seseorang dapat mengeksplor diri lebih luas lagi. Namun, tidak bisa dipungkiri jika di media sosial segala hal dapat terjadi. Untuk itu, orang tua harus bisa mengawasi anaknya dalam menggunakan media sosial.

Salah satu dampak negatif dari media sosial yaitu, adanya cyberbullying. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan psikis anak jika mengalaminya.

Orang tua juga sangat berperan penting dalam pengawasan serta pencegahan cyberbullying. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan memberhentikan cyberbullying, di antaranya:

1. Kenali media sosial

Baca Juga: Aksi Anak Main Piano Mesk Setengah Badannya Terendam Banjir

Ilustrasi anak korban "bullying". (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi anak korban "cyberbullying". (Sumber: Shutterstock)

Saat ini beragam media sosial yang ada di masyarakat. Orang tua harus mengetahui berbagai media sosial yang digunakan oleh anak. Dengan itu, orang tua dapat terut mengontrol apa yang terjadi sehingga anak dapat terhindar dari cyberbullying. Namun, orang tua juga harus tetap memberikan privasi sehingga anak tidak merasa tertekan.

2. Berikan contoh yang baik

Anak bisa menjadi korban cyberbullying atau bahkan pelakunya. Untuk itu, orang tua harus memberikan contoh kepada anak jika penggunaan media sosial untuk hal-hal yang baik.

Hal ini dapat memberi penjelasan kepada anak hal apa saja yang boleh dan tidak dilakukan di media sosial. biasanya anak suka memposting hal-hal yang sembarangan. Dengan itu, orang tua dapat menjelaskan jika hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Orang tua juga dapat menjelaskan alasan mengapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Hal itu akan membuat anak paham sehingga tidak melakukannya. Selain itu, media sosial orang tua juga harus mencontohkan hal-hal baik. Jika media sosial orang tua melakukan hal yang tidak baik, anak juga akan mencontohnya.

Baca Juga: Rumah Mewah Dicibir karena Kebanjiran, Warganet Kaget saat Liat Isi Garasi

3. Pahami anak

Komentar