alexametrics

4 Manfaat Tidur Teratur: Tingkatkan Kekebalan Hingga Jaga Kesehatan Jiwa

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Manfaat Tidur Teratur: Tingkatkan Kekebalan Hingga Jaga Kesehatan Jiwa
Ilustrasi tidur nyenyak. (Shutterstock)

Pola tidur yang baik memiliki dampak bagi kesehatan manusia. Manfaat tidur misalnya, bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan jiwa.

Suara.com - Pola tidur yang baik memiliki dampak bagi kesehatan manusia. Manfaat tidur misalnya, bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan jiwa.

Sebaliknya, dampak pola tidur buruk bisa membuat Anda rentan sakit hingga produktivitas menurun.

Dilansir Independent, Profesor Colin Espie dari Nuffield Department of Clinical Neuroscience University of Oxford, juga salah satu pendiri Sleepio mengatakan pola tidur setiap orang berbeda-beda.

"Membiasakan pola dengan baik untuk kenyamanan pribadi Anda adalah strategi yang terbaik. Kami tahu dari pengalaman setiap hari akan berbeda," ungkapnya.

Baca Juga: Viral Cewek Tidur Nyaris 24 Jam, Warganet: Tidur Apa Latihan Meninggal?

Ia juga mengatakan, pola tidur yang buruk atau tidak cukup dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari, mulai dari suasana hati, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Tak hanya itu, produktivitas di tempat kerja juga ikut terpengaruh.

Setiap individu, menurutnya, harus menemukan apa yang mereka butuhkan secara pribadi, lalu menjadikan kebiasaannya berulang, termasuk pola tidur yang sehat.

Lalu, apa saja manfaat tidur teratur dan pola tidur yang baik?

Kekebalan tubuh

Melansir NHS Inggris, pola tidur yang buruk membuat Anda rentan terserang ifneksi seperti pilek maupun flu. Kurang tidur juga dapat mengurangi kekebalan tubuh Anda, sehingga mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Manfaat Tidur Siang, dari Bikin Waspada hingga Meningkatkan Fungsi Kognitif

Karena itu, jika pola tidur teratur dan jarang begadang, dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara sehat.

Komentar