alexametrics

Update Covid-19 Global: Amerika Selatan Alami Rekor Angka Kematian

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Amerika Selatan Alami Rekor Angka Kematian
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

Total kasus Covid-19 di Amerika Selatan sebanyak 19,34 juta dari jumlah di seluruh dunia yang telah mencapai 120,76 juta per Selasa (16/3) pukul 08.03 WIB.

Suara.com - Rekor kematian akibat Covid-19 tengah terjadi di wilayah Amerika Selatan. Dalam sepekan tercatat 12.818 kematian dan lebih dari 464.000 kasus baru, menurut angka Universitas Johns Hopkins.

Penyebaran virus corona disebut melebihi Amerika Serikat, negara dengan jumlah kasus positif paling banyak di dunia. 

Dalam data pada situs worldometers.info, total kasus Covid-19 di Amerika Selatan sebanyak 19,34 juta dari jumlah di seluruh dunia yang telah mencapai 120,76 juta per Selasa (16/3) pukul 08.03 WIB. 

Kondisi terparah di Amerika Selatan dialami Brasil, terutama kota São Paulo. Dikutip dari CNN, krisis tenaga medis tengah terjadi di Rumah Sakit Darurat Dr. Akira Tada. Dalam waktu normal, dokter di sana akan menstabilkan pasien yang sakit kritis dan kemudian mengirim mereka ke rumah sakit yang lebih besar dan lebih lengkap dengan unit perawatan intensif (ICU).

Baca Juga: Kota Cimahi Buka Peluang Gelaran Konser Musik Hibrid

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Tetapi lantaran kondisi pandemi Covid-19, beberapa rumah sakit saat ini kekurangan ruang untuk menerima pasien baru, bahkan di negara bagian terkaya dan terpadat di Brasil.

Saat ini, jumlah infeksi Covid-19 di Brasil tercatat 11,52 juta kasus, terbanyak di wilayah Amerika Selatan. Demikian juga dengan total kematiannya yang tercatat sebanyak 279.602 jiwa. 

Dalam beberapa hari terakhir, laporan kematian harian Brasil seringkali yang terbanyak di dunia, melampaui mortality per hari Amerika Serikat. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan 1.275 orang meninggal dunia akibat infeksi Covid-19 di Brasil.

Komentar