alexametrics

Berjemur Bisa Bantu Orang Dewasa yang Sakit Kuning, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Berjemur Bisa Bantu Orang Dewasa yang Sakit Kuning, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi penyakit liver, sakit kuning, penyakit kuning. (dok. Envato elements)

Sakit kuning membuat lidah, mata, telapak tangan hingga kulit berwarna kuning. Muncul anggapan bahwa ini bisa ditangani dengan berjemur, mitos atau fakta ya?

Suara.com - Sakit kuning membuat lidah, mata, telapak tangan hingga kulit berwarna kuning. Muncul anggapan bahwa ini bisa ditangani dengan berjemur, mitos atau fakta ya?

Biasanya jika terjadi pada bayi, penyakit kuning bisa dibantu dengan berjemur agar si bayi mendapatkan sinar matahari. Lalu bagaimana dengan kuning pada orang dewasa, apakah berjemur juga membantu?

Dokter Spesialis Bedah Digestif Eka Hospital Bekasi, dr. Indah Mestika Situmorang, Sp. B-KBD mengatakan penyebab kuning pada orang dewasa dan bayi berbeda. Sehingga bila pada bayi menjemur di bawah sinar matahari bisa membantu, namun tidak begitu pada orang dewasa.

Ia menjelaskan jika bayi baru lahir cenderung berwarna kuning, karena tingginya kadar hemoglobin dalam darah bisa mencapai angka 17.

Baca Juga: Diputus Pacar Pemandu Karaoke, Warga Jepang di Batam Nekat Gantung Diri

Pada tingkatan ini, bayi mengalami penghancuran sel darah merah, yang hasilnya bilirubun meningkat.

"Dengan dia dijemur diharapkan nanti jadi konversi bilirubin jadi turun, itu pada bayi baru lahir. Sedangkan hemoglobin pada orang dewasa sudah normal berkisar, 12,13, dan 14," terang dr. Indah dalam Live IG Eka Hospital, Selasa (6/4/2021).

Bilirubin adalah senyawa pigmen atau cairan berwarna kuning yang diproduksi hati atau liver dan di simpan di kantong empedu.

Setelah makanan turun, maka cairan empedu atau bilirubin akan ikut turun bersama sisa makanan bersatu dalam fases atau kotoran manusia, sehingga berwarna kuning.

Kesimpulannya, jika kuning pada bayi disebabkan tingginya tingkat hemoglobin, maka tidak dengan kuning pada orang dewasa yang bisa jadi disebabkan adanya kelainan para organ hati, kelainan kantong empedu, atau kelainan pada saluran empedu.

Baca Juga: Lirik Lagu The Heart You Hurt Rossa, Sampai Dipuji Donghae Super Junior!

"Sebabnya saja sudah beda antara bayi dan dewasa. Maka kalau sebabnya beda, maka penanganannya juga beda alias bukan dijemur," pungkas dr. Indah.

Komentar