alexametrics

Cepat Berobat, Ini 6 Tanda Kamu Butuh Psikiater

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Cepat Berobat, Ini 6 Tanda Kamu Butuh Psikiater
Ilustrasi stres, depresi [shutterstock]

Jika masalah kesehatan mental tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan jiwa lainnya.

Suara.com - Isu kesehatan mental merupakan hal yang penting. Itu dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti stres, depresi hingga keinginan untuk bunuh diri maupun menyakiti diri sendiri (self injury).

Jika masalah mental tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menyebabkan risiko masalah kesehatan jiwa lainnya. Untuk itu kamu perlu mengenali tanda-tanda masalah kesehatan mental di mana kamu membutuhkan bantuan psikater, seperti yang dikutip dari Healthshots berikut ini.

1. Rasa lelah yang berlebihan
Rasa lelah bukan sebuah masalah, dan itu normal dirasakan setiap waktu. Tapi perlu diingat, rasa lelah berlebihan bisa mengakibatkan depresi. Jika kamu merasakan ini, maka perlu ke psikiater untuk mengambil tindakan segera.

2. Emosi yang terus menerus
Emosi juga hal yang normal, tapi perlu diingat jika emosi datang terus-menerus dan berlebihan bisa memengaruhi kesehatan mental ke depan. Bahkan bisa terjadinya perbuatan kejam.

Baca Juga: Waspada, Kecemasan Terus Menerus Bisa Picu 4 Masalah Kesehatan Berikut

Ilustrasi

3. Perasaan takut di situasi tertentu
Istilah ini disebut dengan agoraphobia, yakni perasaan takut di situasi tertentu. Perasaan takut ini bisa mengakibatkan seseorang menyakiti dirinya sendiri. Karena itu, coba cari bantuan psikiater jika kamu mengalami tanda yang satu ini.

4. Hilangnya ketertarikan minat
Jika kamu mengalami kehilangan minat untuk beraktivitas sehari-hari, perlu ambil tindakan ke psikiater sekarang juga. Hal ini bisa berdampak pada gejala mental lainnya yakni depresi dan juga kecemasan.

5. Putus asa
Kamu bisa saja kehilangan motivasi dari waktu ke waktu. Karena itu, putus asa terjadi pada orang yang tidak percaya sama masa depannya sendiri. Kondisi ini bisa membahayakanmu, dan perlu segera ambil tindakan. Jika tidak, maka masalah depresi risikonya.

6. Menarik diri
Menarik diri dari lingkungan sosial tentu bukan hal yang salah, apalagi kamu butuh waktu sendiri untuk menikmati hidup. Jika terlalu sering menarik diri dari lingkungan, tentu akan membahayakan. Risikonya, kamu bisa saja takut untuk bertemu dengan orang lain.

Bagaimana cara menyiapkan diri ke psikiater?
Mungkin tidak mudah untuk terbuka dengan orang lain, apalagi pada orang asing. Tapi, psikolog yang profesional tentu akan membantumu untuk merasa lebih baik, juga membimbingmu untuk membuat perubahan dalam hidup.

Baca Juga: Rasa Sakit Emosional atau Trauma Dapat Membuat Orang Melukai Diri Sendiri

Tidak perlu malu dan takut, karena psikiater akan menerima dan memberi solusi. Selain itu, kamu perlu terbuka tentang masalah juga beban yang kamu rasakan sehari-hari. Karena itu, psikiater akan membantumu untuk menjadi diri sendiri dan belajar terima kenyataan.

Komentar