alexametrics

Efek Samping Vaksin Moderna, Ini 6 Kondisi yang Harus Diwaspadai

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Efek Samping Vaksin Moderna, Ini 6 Kondisi yang Harus Diwaspadai
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Ahli jabarkan beberapa efek samping vaksin Moderna yang paling umum dan perlu diwaspadai.

Suara.com - Vaksin Moderna salah satu vaksin Covid-19 yang dipercaya bisa melindungi diri dari virus corona. Vaksin Moderna ini pun salah satu vaksin yang digunakan Inggris untuk menghentikan pandemi virus corona Covid-19.

Orang dewasa usia 40 tahunan di Inggirs pun telah ditawari suntikan pertama vaksin Moderna. Tetapi, beberapa orang mungkin belum paham betul efek samping umum vaksin Moderna.

Adapun 6 efek samping paling umum vaksin Moderna yang dilansir dari Express, antara lain:

  • Kelelahan
  • Mialgia
  • Arthralgia
  • Sakit kepala
  • Rasa sakit di tempat suntikan
  • Kemerahan di tempat suntikan
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Menurut FDA, 9 dari 10 peserta yang menerima suntikan vaksin Moderna merasakan sakit di lengan. Lalu, 7 dari 10 orang merasa kelelahan dan 6 dari 10 orang sakit kepala atau nyeri otot.

Baca Juga: Efek Samping Suntikan Kedua Vaksin Covid-19 Lebih Terasa, Ini Sebabnya

Lebih dari 44 persen orang yang suntik vaksin Moderna mengalami nyeri sendi dan lebih dari 43 persen menggigil setelahnya. Sedangkan, reaksi yang lebih parah mungkin terjadi pada 0,2 hingga 9,7 persen orang yang disuntik.

Biasanya, efek samping vaksin Moderna yang lebih parah ini terjadi setelah suntikan dosis kedua daripada suntikan pertama. Tapi, suntikan vaksin Moderna ini rata-rata ditoleransi lebih baik oleh orang usia 64 tahun ke atas yang rentan terhadap penyakit.

Sementara itu, sejumlah orang juga mengalami efek samping langka, seperti mual atau muntah dan pembengkakan wajah yang tergolong sulit ditangani.

Seorang dokter mengatakan efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 ini wajar terjadi sebagai respons tubuh seseorang untuk membangun antibodi.

Namun, banyak ahli kesehatan telah mengingatkan bahwa efek samping vaksin Covid-19 ini mungkin hampir menyerupai penyakit itu sendiri atau lebih berat dibandingkan efek vaksin jenis lainnya, seperti vaksin flu.

Baca Juga: Dear Anggota DPR, Ini Syarat Jadi Relawan Uji Klinis Meski Sudah Divaksin

Komentar