alexametrics

Layanan Telemedicine Bantu Dokter Kasih Edukasi Deteksi Dini Kepada Pasien

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Layanan Telemedicine Bantu Dokter Kasih Edukasi Deteksi Dini Kepada Pasien
Telemedicine. (Elements Envanto)

Melalui telemedicine itu, menurutnya, pasien kanker bisa terbantu menemukan dokter dan cara pengobatan yang tepat.

Suara.com - Meski tak mungkin menggantikan pemeriksaan medis secara langsung, namun telemedicine bisa diandalkan untuk konsultasi awal. 

Bahkan untuk penyakit berat seperti kanker, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Daeng M. Faqih, SH. MH., mengatakan bahwa telemedicine bermanfaat untuk mengedukasi langsung masyarakat tentang cara deteksi dini secara mandiri.

"Kita mengajari masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kanker secara mandiri. Kedua jika harus tatap muka dengan dokter, maka dengan platform digital kita bisa membantu ke dokter mana saudara-saudara kita harus berhubungan," ucap Daeng dalam webinar kerjasama Klik Dokter dan One Onco, Rabu (21/4/2021).

e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]
e-health aplikasi konsultasi online, konsultasi dokter online [shutterstock]

Daeng menjelaskan bahwa ada beragam jenis kanker. Oleh sebab itu, dokter yang memberikan konsultasi juga harus disesuaikan dengan penyakit kanker yang dialami. Melalui telemedicine itu, menurutnya, pasien kanker bisa terbantu menemukan dokter dan cara pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Haru! Rekan Kerja Idap Kanker, Tukang Cukur Ikut Potong Rambut hingga Botak

Selain itu, melalui konsultasi secara digital juga mempermudah tugas dokter dalam memonitor pasien. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan melakukan tindakan tertentu, monitornya bisa dibantu dengan platform ini," ucapnya.

Dokter Daeng menambahkan, kemudahan komunikasi dengan dokter juga baik untuk psikologis pasien kanker yang kebanyakan tentunya selalu butuh banyak dukungan dalam menjalani pengobatan yang panjang.

"Selain membuka akses, saya juga sangat berharap bahwa dengan adanya platform digital di bidang kesehatan ini menambah intimasi dokter dengan pasien. Kedekatan pasien dengan dokter ini hal penting, karena di dunia kedokteran kedekatan komunikasi menentukan hasil dari sebuah penanganan pelayanan kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga: Terapi Gabungan untuk Jenis Kanker Mesothelioma Menunjukkan Hasil Baik

Komentar