alexametrics

Sembuh dari Virus Corona Covid-19, Kapan Waktu Tepat untuk Suntik Vaksin?

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Sembuh dari Virus Corona Covid-19, Kapan Waktu Tepat untuk Suntik Vaksin?
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Pasien virus corona Covid-19 yang sudah sembuh tetap membutuhkan suntikan vaksin Covid-19.

Suara.com - Vaksin Covid-19 tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang belum pernah terinfeksi virus corona Covid-19, tetapi juga para penyintas. Karena, vaksin Covid-19 ini bisa membantu meningkatkan kekebalan penyintas.

Sistem kekebalan Anda pasti sudah bekerja keras melawan virus corona Covid-19 ketika tubuh terinfeksi. Tapi, Anda mungkin belum tahu Sejauh mana virus corona mempengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh merespons vaksin Covid-19.

Karena itu, Anda harus menunjukkan beberapa waktu untuk suntik vaksin Covid-19 setelah sembuh dari virus corona. Lgai pula, suntik vaksin Covid-19 ketika tubuh masih belum sembuh total juga tidak akan baik.

Sebab, kondisi kesehatan menjadi hal pertama yang harus dipastikan sebelum suntik vaksin Covid-19. Suntik vaksin Covid-19 dalam kondisi tubuh sedang sakit mungkin akan mempengaruhi efektivitasnya.

Baca Juga: Bisakah Merokok Berpengaruh pada Vaksinasi Covid-19? Berikut Penjabarannya

"Dengan pergi ke lokasi vaksinasi saat sakit akan berpotensi membuat semua orang di sekitar Anda terpapar virus corona. Jadi, jangan menjadi orang yang menyebarkan wabah," jelas para ahli dikutip dari Forbes.

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

Apalagi virus corona Covid-19 bisa memberikan dampak kesehatan jangka panjang yang serius dan berpotensi mengancam jiwa.

Saat Anda terinfeksi virus corona Covid-19 atau sindrom pernapasan akut yang parah, Anda harus menghindari orang lain dan isolasi diri sampai Anda tidak lagi bisa menularkan virus dalam tubuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Anda harus menunda suntik vaksin Covid-19 setidaknya 10 hari sejak gejala pertama muncul dan minimal 24 jam tanpa demam maupun obat penurunan demam.

Baca Juga: Pulih dari Virus Corona Covid-19, ini 7 Tes Medis yang Harus Dilakukan!

Komentar