alexametrics

Pulih dari Virus Corona Covid-19, ini 7 Tes Medis yang Harus Dilakukan!

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Pulih dari Virus Corona Covid-19, ini 7 Tes Medis yang Harus Dilakukan!
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

Ad beberapa tes medis yang dibutuhkan setelah dinyatakan sembuh dari virus corona Covid-19.

Suara.com - Para ahli telah menyarankan pasien virus corona Covid-19 yang pulih tetap melakukan vaksinasi untuk mendapatkan kekuatan lebih. Di sisi lain, mereka juga menyarankan penyintas virus corona untuk menjaga kesehatannya.

Mereka harus terus memantau kesehatannya dan menghindari segala risiko yang membuatnya terinfeksi ulang atau menderita kondisi lain. Karena itu, melakukan tes Covid-19 setelah pulih untuk memastikan hasilnya negatif itu masih tak cukup.

Para ahli justru menyarankan pada pasien melakukan beberapa tes atau pemeriksaan medis pasca pemulihan. Seperti yang kita ketahui, virus corona Covid-19 bisa meninggalkan efek samping yang bertahan lama setelah viral loadnya menurun.

Selain memicu gejala virus corona Covid-19 berkepanjangan, virus ini juga bisa berdampak pada banyak organ vital tubuh. Para ahli juga mengatakan bahwa ada beberapa penanda dalam darah dan sistem kekebalan yang bisa menunjukkan Sejauh mana tubuh terkena virus corona Covid-19.

Baca Juga: Data Baru: Efek Samping Suntikan Kedua Vaksin Pfizer Lebih Banyak!

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa pemeriksaan medis yang harus Anda lakukan setelah sembuh dari virus corona Covid-19.

Tes Antibodi Covid-19. [Shutterstock]
Tes Antibodi Covid-19. [Shutterstock]

1. Tes antibodi igG

Setelah melawan infeksi, tubuh memproduksi antibodi yang bermanfaat mencegah infeksi virus di Kemudian hari. Tes antibodi diperlukan untuk mengetahui tingkat perlindungan tubuh dan memenuhi syarat donor plasma bila jumlahnya sesuai.

Umumnya, tubuh membutuhkan sekitar 1 atau 2 minggu untuk mengembangkan antibodi. Jika Anda ingin mendonasikan plasma, lakukan tes antibodi igG ini dalam waktu 1 bulan setelah pemulihan.

2. Tes hitung darah lengkap (CBC)

Baca Juga: Ilmuwan Temukan 2 Varian di Inggris Mirip dengan Virus Corona di India

Tes CBC adalah tes medis yang mengukur berbagai jenis sel darah (RBC, WBC, trombosit dan lainnya). Tes hitung darah lengkap ini berfungsi mengetahui seberapa baik tubuh Anda merespons infeksi virus corona Covid-19. Selain itu, Anda juga akan lebih mengetahui tindakan tambahan yang mungkin diperlukan setelah pulih melalui tes ini.

Komentar