alexametrics

Update Covid-19 Global: AS dan Eropa Mulai Longgarkan Aturan Jaga Jarak

Risna Halidi | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: AS dan Eropa Mulai Longgarkan Aturan Jaga Jarak
Ilustrasi jaga jarak (histock)

Jumlah kasus Covid-19 di India kini mencapai 20,65 juta, kedua terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat dengan 33,27 juta kasus.

Suara.com - India masih menjadi sentra penularan Covid-19 tertinggi sejak bulan April lalu. Sudah sekitar tiga pekan ini, India selalu melaporkan ratusan ribu kasus infeksi baru setiap harinya.

Jumlah kasus Covid-19 di India kini mencapai 20,65 juta, kedua terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat dengan 33,27 juta kasus.

Meski demikian, Amerika Serikat menunjukan kondisi membaik dibanding pandemi tahun lalu. Rata-rata laporan kasus harian Amerika Serikat telah turun di bawah 50 ribu, terendah sejak Oktober 2020. 

Kini, perjalana udara di Amerika Serikat juga semakin ramai hingga mencapai angka tertinggi yaitu sebanyak 1,67 juta orang yang telah diperiksa di pos pemeriksaan bandara AS pada Minggu (2/4).

Baca Juga: Dihantam Tsunami Covid-19, Singa-singa di India Ikut Terpapar Corona

Menurut Administrasi Keamanan Transportasi, jumlah ini jadi yang tertinggi sejak pertengahan Maret tahun lalu.

Di Las Vegas aturan menjaga jarak telah diturunkan menjadi kurang dari satu meter. Gubernur New York Andrew Cuomo mengumumkan bahwa kereta bawah tanah Kota New York akan mulai beroperasi sepanjang malam lagi dan pembatasan kapasitas pada sebagian besar bisnis akan berakhir di seluruh negara bagian pada pertengahan Mei. 

Kondisi serupa juga dialami sejumlah negara Uni Eropa. Pejabat Uni Eropa (UE) bahkan mengusulkan untuk melonggarkan pembatasan pengunjung ke benua itu.

Pejabat UE mengumumkan untuk melonggarkan pembatasan perjalanan ke 27 negara Eropa pada musim panas tahun ini, meskipun keputusan akhir tetap ada di tangan negara-negara anggotanya.

"Saatnya menghidupkan kembali industri pariwisata UE dan untuk menghidupkan kembali persahabatan lintas batas - dengan aman. Kami mengusulkan untuk menyambut kembali pengunjung yang divaksinasi dan mereka yang berasal dari negara-negara dengan kondisi kesehatan yang baik," kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dikutip dari Fox News.

Baca Juga: Tetap Mudik? Ini Daftar Check Point Operasi Ketupat Jaya 2021 Jabodetabek

Di Yunani, restoran dan kafe membuka kembali teras mereka sejak Senin (3/4) setelah enam bulan tutup. Di Prancis, sekolah menengah dibuka kembali dan larangan perjalanan domestik dicabut.

Komentar