alexametrics

Yuk! Jaga Kesehatan Jantung Demi Kecerdasan dan Kesehatan Otak

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Yuk! Jaga Kesehatan Jantung Demi Kecerdasan dan Kesehatan Otak
Ilustrasi kesehatan jantung perempuan. (Shutterstock)

Kesehatan jantung terkait kesehatan otak, begitu juga sebaliknya.

Suara.com - Penelitian baru menunjukkan bahwa kesehatan jantung berefek pada kesehatan otak dan kecerdasan Anda. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang terbit pada European Heart Journal - Cardiovascular Imaging.

Melansir dari Medicinenet, penelitian tersebut melacak hampir 30.000 orang dewasa sehat di Inggris Raya menjalani pemindaian MRI untuk menilai kesehatan jantung mereka. Para peserta juga menyelesaikan tes kognitif untuk menunjukkan seberapa cepat otak memproses informasi. 

Hasilnya mengungkapkan bahwa mereka yang unggul dalam tes kognitif lebih cenderung memiliki jantung yang lebih sehat.

"Penelitian menunjukkan bahwa fungsi otak yang lebih baik, dikaitkan dengan jantung yang lebih sehat," kata rekan penulis studi Nicholas Harvey, seorang profesor reumatologi dan epidemiologi klinis University of Southampton di Inggris.

Baca Juga: Berat Badan Normal tapi Lemak Menumpuk? Awas, Risiko Penyakit Jantung!

Ilustrasi orang tak cerdas. (Shutterstock)
Ilustrasi orang tak cerdas. (Shutterstock)

"Jadi, memiliki otak yang sehat dikaitkan dengan jantung yang sehat begitu juga sebaliknya," imbuhnya.

Faktor risiko seperti usia, merokok, tekanan darah tinggi, asupan alkohol, dan tingkat olahraga dapat memengaruhi risiko seseorang terkena masalah seperti penyakit jantung dan demensia.

Dengan demikian, penting untuk menentukan apakah faktor-faktor ini bertanggung jawab atas koneksi otak ke jantung atau apakah organ-organ ini terkait secara independen.

"Ada banyak saraf dari otak langsung ke jantung dan kami tahu ada hubungan yang kuat antara keduanya," kata Dr. Joseph Diamond, direktur kardiologi nuklir di Long Island Jewish Medical Center, di New Hyde Park, N.Y.

Menurut Diamond, stres adalah contoh utama dari masalah kesehatan yang berdampak pada berbagai sistem di tubuh termasuk jantung dan otak.

Baca Juga: Studi Jerman: 23 Persen Penderita Gagal Jantung Alami Masalah Mental

Komentar