Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2, Yuk Makan Dua Porsi Buah Tiap Hari

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Rabu, 09 Juni 2021 | 17:00 WIB
Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2, Yuk Makan Dua Porsi Buah Tiap Hari
Ilustrasi makan buah. (Shutterstock)

Suara.com - Pola makan sehat memang menguntungkan untuk menurunkan berbagai risiko penyakit, bahkan penyakit kronis seperti diabetes. Dalam hal ini, penelitian baru menunjukkan bahwa makan buah minimal dua porsi sehari bisa mencegah diabetes tipe 2

Melansir dari Everyday Health, orang yang mengonsumsi dua porsi buah per hari memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dalam waktu lima tahun. Hal ini ditunjukkan dalam penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism

"Diabetes adalah beban kesehatan masyarakat yang besar dan yang terpenting, diabetes tipe 2 dapat dicegah," kata penulis utama studi, Nicola Bondonno, PhD, seorang peneliti postdoctoral di Institute for Nutrition Research di Edith Cowan University di Joondalup, Australia. 

"Salah satu cara terbaik untuk mencegah diabetes tipe 2 adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, yang mencakup dua porsi buah utuh per hari," imbuhnya. 

Studi ini juga menemukan korelasi antara asupan buah dan penanda sensitivitas insulin. Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah harus memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darah mereka. 

"Itu penting karena tingkat insulin yang bersirkulasi tinggi dapat merusak pembuluh darah dan tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga dengan tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung," kata Bondonno.

Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)


Bondono menunjukkan bahwa penelitian ini bersifat observasional, sehingga harus ditafsirkan dengan hati-hati. 

"Meskipun kami mencoba mengendalikannya dalam pemodelan statistik kami, orang yang makan lebih banyak buah juga cenderung memiliki pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan," ujar dokter Bondono.

Dengan kata lain, masih sulit untuk memastikan bahwa buah sebagai satu-satunya alasan pencegah diabetes tipe 2.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Hati-Hati, Penderita Diabetes dengan Pola Tidur Buruk Berisiko Alami Kematian Dini!

Hati-Hati, Penderita Diabetes dengan Pola Tidur Buruk Berisiko Alami Kematian Dini!

Health | Rabu, 09 Juni 2021 | 13:53 WIB

Tak Ingin Mencuri, Bocah Ini Izin Minta Jambu Lewat Surat

Tak Ingin Mencuri, Bocah Ini Izin Minta Jambu Lewat Surat

Tekno | Rabu, 09 Juni 2021 | 12:15 WIB

Paparan Sinar Matahari Picu Kadar Gula Darah Naik, Kok Bisa?

Paparan Sinar Matahari Picu Kadar Gula Darah Naik, Kok Bisa?

Health | Rabu, 09 Juni 2021 | 12:00 WIB

Terkini

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 12:50 WIB

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 09:06 WIB

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Health | Kamis, 11 Juni 2026 | 21:51 WIB

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 16:48 WIB

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 14:30 WIB