alexametrics

Berita Kesehatan Terpopuler: Efek Samping Baru Vaksin AstraZeneca Hingga Obat Ivermectin

M. Reza Sulaiman
Berita Kesehatan Terpopuler: Efek Samping Baru Vaksin AstraZeneca Hingga Obat Ivermectin
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperlihatkan vaksin COVID-19 Astrazeneca saat vaksinasi kepada kyai Nahdlatul Ulama (NU) di Kantor PWNU Jatim di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/Moch Asim

Efek samping Trombositopenik Idiopatik ditemukan pada vaksin AstraZeneca menjadi berita kesehatan terpopuler kemarin, Jumat 11 Juni 2021.

Suara.com - Efek samping Trombositopenik Idiopatik ditemukan pada vaksin AstraZeneca menjadi berita kesehatan terpopuler kemarin, Jumat 11 Juni 2021.

Ada juga kata Satgas IDI tentang obat Ivermectin yang disebut ampung menangani Covid-19 hingga peneliti China temukan virus mirip Covid-19 pada kelelawar.

Simak rangkuman berita kesehatan terpopuler dari Suara.com, berikut ini.

1. Peneliti China Temukan Virus Corona Baru Mirip Covid-19 pada Kelelawar

Baca Juga: Efek Samping Trombositopenik Idiopatik Vaksin AstraZeneca dan 4 Berita Kesehatan Lainnya

Ilustrasi kelelawar. [Kelelawar].
Ilustrasi kelelawar. [Kelelawar].

Peneliti China menemukan sekumpulan virus corona jenis baru pada kelelawar, salah satunya kemungkinan memiliki kesamaan secara genetik dengan virus Corona SARS Cov-2 penyebab infeksi Covid-19.

Menurut para peneliti, penemuan mereka di satu wilayah kecil di provinsi Yunnan, China barat daya menunjukkan berapa banyak virus corona yang ada pada kelelawar dan yang berpotensi menyebar ke manusia.

Baca selengkapnya

2. Obat Ivermectin Disebut Ampuh Obati Covid-19, Ini Respon Satgas IDI

Ilustrasi obat-obatan (pixabay)
Ilustrasi obat-obatan (pixabay)

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban memastikan jika obat Ivermectin belum terbukti efektif untuk mengobati Covid-19.

Baca Juga: Hati-Hati, Vaksin AstraZeneca Bisa Picu Efek Samping Berupa Trombositopenik Idiopatik

Hal ini karena di beberapa negara termasuk organisasi pengobatan Uni Eropa, EMA dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat, FDA menyatakan Ivermectin untuk Covid-19 datanya masih sangat terbatas.

Baca selengkapnya

3. Hati-Hati, Vaksin AstraZeneca Bisa Picu Efek Samping Berupa Trombositopenik Idiopatik

Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi vaksin AstraZeneca. (Dok : Istimewa)

Ada banyak laporan seputar efek samping vaksin AstraZeneca dan pembekuan darah. Sebuah laporan baru mengumumkan bahwa vaksin AstraZeneca ini bisa menyebabkan kelainan darah lainnya.

Suntikan vaksin AstraZeneca telah diidentifikasi berkaitan dengan gangguan darah lainnya. Baru-baru ini, vaksin Covid-19 ini dinilai bisa menyebabkan gangguan pendarahan langka.

Baca selengkapnya

4. Cuci Vagina dengan Lemon Sedang Tren, Dokter Peringatkan Bahayanya

ilustrasi vagina. (Shutterstock)
ilustrasi vagina. (Shutterstock)

Katanya, membersihkan vagina dengan air lemon dapat menghilangkan bau tak sedap di area kewanitaan.

Tips tersebut kemudian ramai dibicarakan di banyak forum online. Isinya membahas jika mencuci vagina dengan lemon atau air lemon dapat menghilangkan bau tak sedap di bagian sensitif tersebut.

Baca selengkapnya

5. Sempat Didoagnosis Kanker Prostat, Kak Seto Ungkap Salah Satu Sebabnya

Seto Mulyadi alias Kak Seto [Suara.com/Herwanto]
Seto Mulyadi alias Kak Seto [Suara.com/Herwanto]

Dikenal selalu menjalani gaya hidup sehat bahkan masih bisa melakukan olahraga parkour di usianya yang hampir 7 dekade, pemerhati anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto sempat mengejutkan publik karena membagikan kabar alami kanker prostat. 

Ketika itu sekitar bulan Februari, melalui akun media sosialnya, Kak Seto mengaku harus menjalani operasi lantaran terdapat benjolan pada bagian prostat. 

Baca selengkapnya

Komentar