facebook

Sepele, Kebiasaan Makeup Ini BIsa Bahayakan Kesehatan Mata

Yasinta Rahmawati
Sepele, Kebiasaan Makeup Ini BIsa Bahayakan Kesehatan Mata
Ilustrasi perempuan menggunakan eyeshadow. (Shutterstock)

Tidak hanya sisa maskara yang akan mengotori sarung bantal Anda, tetapi kebiasaan mengucek mata dan memegang wajah bisa membuat iritasi.

Suara.com - Memakai makeup seperti riasan mata bisa membuat seseorang tampil lebih percaya diri. Namun ada beberapa risiko jika tidak menggunakan atau menghapus makeup dengan benar.

Riasan mata dapat menjadi masalah bagi mereka yang memiliki mata kering maupun sensitif, sebab serbuk produk bisa masuk ke lapisan mata.

Karenanya agar mata tetap cantik dan sehat, berikut adalah kebiasaan makeup yang harus Anda hindari, dilansir dari Live Strong.

1. Tidak membersihkan makeup sebelum tidur

Baca Juga: Studi Buktikan Maskara dan Lisptik Waterproof Tingkatkan Risiko Kanker

Tidak hanya sisa maskara yang akan mengotori sarung bantal Anda, tetapi kebiasaan mengucek mata dan memegang wajah bisa membuat iritasi. Sebab, bakteri, debu, alergen, dan riasan yang tertinggal dapat menyebabkan infeksi, bintitan, kemerahan, kekeringan, dan ketegangan mata.

2. Berbagi produk riasan dengan teman

Jangan pernah berbagi riasan mata dengan orang lain, sebab itu sama saja memindahkan bakteri dan kotoran lainnya langsung ke mata Anda sendiri. Selain itu, hindari mencoba langsung produk di display toko, sebab kita tidak tahu sudah berapa orang yang mencobanya.

Ilustrasi menggunakan eyeshadow. (Pixabay/Dennis Von Dutch)
Ilustrasi menggunakan eyeshadow. (Pixabay/Dennis Von Dutch)

3. Lupa tanggal kedaluwarsa eyeshadow

Ashley Brissette, MD , juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology dan asisten profesor di Weill Cornell Medicine di New York City, merekomendasikan untuk menjaga riasan mata yang sudah terbuka tidak lebih dari enam bulan. "Ini akan membantu menghindari infeksi," katanya.

Baca Juga: Studi: Maskara Waterproof hingga Lipcream Cenderung Mengandung Zat Pemicu Kanker

Selain itu, jika Anda terkena infeksi mata, sebaiknya buang riasan mata yang Anda gunakan saat infeksi berkembang untuk menghindari kontaminasi ulang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar