Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Minum Teh Hijau Panas!

Yasinta Rahmawati, Shevinna Putti Anggraeni

Selasa, 22 Juni 2021 | 14:26 WIB
Kontrol Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Minum Teh Hijau Panas!
Ilustrasi minum air panas, teh panas, teh hijau (Pixabay)

Suara.com - Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang bisa memicu serangan jantung, penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, tekanan darah tinggi ini sering kali tidak menunjukkan gejala.

Untungnya, tekanan darah tinggi tergolong mudah dikontrol dan dipulihkan dengan mengubah pola makan yang sehat. Menurut penelitian, minuman panas telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian dan pengamatan pada hewan juga telah menghubungkan minum teh hijau panas dengan penurunan tekanan darah tinggi.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan dalam jurnal Medicine bertujuan untuk menilai efek suplementasi teh hijau untuk mengendalikan tekanan darah.

Basis data Pustaka PubMed, Embase, dan Cochrane ditelusuri secara elektronik dari awal hingga Agustus 2019 untuk semua studi yang relevan. Hasilnya, 24 percobaan dengan 1697 subyek dimasukkan dalam meta-analisis.

Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)
Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)

Hasil yang dikumpulkan menunjukkan bahwa teh hijau mampu menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan. Penurunan tekanan darah diastolik juga cukup signifikan dengan minuman tersebut.

Pembacaan tekanan darah total ditentukan dengan mengukur tekanan darah sistolik dan diastolik Anda. Tekanan darah sistolik (angka bagian atas) berfungsi mengukur kekuatan yang diberikan jantung Anda pada dinding arteri Anda setiap kali berdetak.

"Tekanan darah diastolik (angka bagian bawah) berfungsi mengukur kekuatan yang diberikan jantung pada dinding arteri di antara detak," kata ahli dari Mayo Clinic dikutip dari Express.

Para peneliti pun mengatakan bahwa teh hijau secara signifikan mengurangi SBP (tekanan darah sistolik) dan DBP (tekanan darah diastolik) dalam jangka pendek.

baca juga

Uji coba yang lebih besar dan jangka panjang diperlukan untuk menyelidiki lebih lanjut efek suplementasi teh hijau pada kontrol BP dan kejadian klinis.

Para peneliti telah menemukan bahwa senyawa katekin dalam teh hijau dalam mengendurkan otot yang melapisi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Mereka melaporkan temuannya dalam Cellular Physiology & Biochemistry.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu tindakan pencegahan yang paling penting terhadap tekanan darah tinggi adalah mengurangi garam. Action on Salt, sebuah kelompok yang peduli dengan garam, mengatakan diet tinggi garam mengganggu keseimbangan natrium alami dalam tubuh.

Diet ini menyebabkan tubuh menahan air, yang meningkatkan tekanan darah ke dinding pembuluh. Pedoman kesehatan Inggris menyarankan makan kurang dari enam gram garam sehari untuk mengontrol tekanan darah.

Konsumsi makanan rendah lemak dan banyak serat, seperti nasi gandum, roti dan pasta, serta buah dan sayuran bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Mandi Pagi, Jangan Coba-coba Lakukan Ini Bisa Bahaya Untuk Kesehatan

Mandi Pagi, Jangan Coba-coba Lakukan Ini Bisa Bahaya Untuk Kesehatan

Bogor | Kamis, 17 Juni 2021 | 23:53 WIB

Cegah Serangan Jantung hingga Kanker, Minum 3 Jenis Teh Ini!

Cegah Serangan Jantung hingga Kanker, Minum 3 Jenis Teh Ini!

Health | Kamis, 17 Juni 2021 | 08:00 WIB

Begini Cara yang Benar Mencuci Celana Dalam, Sudah Lakukan?

Begini Cara yang Benar Mencuci Celana Dalam, Sudah Lakukan?

Health | Rabu, 16 Juni 2021 | 13:07 WIB

Terkini

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:52 WIB

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:16 WIB

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:52 WIB

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:40 WIB

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Entertainment | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:02 WIB

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:46 WIB

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

Kaltim | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:45 WIB

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:36 WIB

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:30 WIB

×