alexametrics

Virus Corona Varian Delta Lebih Menular, Begini 3 Cara Melindungi Tubuh!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Virus Corona Varian Delta Lebih Menular, Begini 3 Cara Melindungi Tubuh!
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Ada beberapa cara untuk melindungi tubuh dari virus corona varian Delta.

Suara.com - Munculnya virus corona varian Delta cukup memicu kekhawatiran. Apalagi, sekarang disusul adanya beberapa kasus varian Delta plus yang telah terdeteksi di Madhya Pradesh, India dan 2 orang yang terinfeksi meninggal dunia.

Baru-baru ini, pemerintah India menyatakan bahwa virus corona varian Delta plus ini sebagai varian perhatian atau variant of concern (VOC). Menurut pejabat kesehatan, varian baru virus corona Covid-19 ini memiliki 3 fitus karakteristik yang membuatnya lebih berbahaya dan mengkhawatirkan.

Tiga fitur di antaranya peningkatan transmibilitas, pengikatan yang lebih kuat pad reseptor sel paru-paru dan kurang respons terhadap antibodi monoklonal. Dilansir dari Times of India, adapun beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari virus corona varian Delta plus.

1. Jaga jarak, masker ganda dan cuci tangan

Baca Juga: Antisipasi Virus Varian Delta, Dinkes Riau Rapid Test Ulang Penumpang di Bandara

Karena varian Delta plus lebih mudah menular dan cepat menyebar dari varian virus corona lainnya. Maka, jaga jarak sosial, penggunaan masker ganda dan harus mencuci tangan teratur.

Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)
Ilustrasi virus corona covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

2. Di rumah aja

Sebaiknya, hindari keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak. Dalam kondisi darurat, pakai masker ganda dan hindari menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Atur anak-anak agar tetap jaga jarak saat di dalam ruangan dan alihkan perhatiannya ketika di luar ruangan agar berhati-hati.

3. Prioritaskan vaksin Covid-19

Saat ini, masih banyak orang yang skeptic terhadap vaksin Covid-19. Padahal, vaksinasi salah satu cara untuk mendapatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari virus corona Covid-19.

Baca Juga: Lonjakan Kasus Virus Corona di Jawa Tinggi, 846 Dokter Jateng Positif Covid-19

Penelitian telah menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 tertentu bisa terbukti efektif melawan varian Delta plus, sehingga sangat penting untuk melakukan suntik vaksin Covid-19.

Komentar