alexametrics

5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

Masalah hipertensi bisa diturunkan dengan lima cara alami ini. Simak selengkapnya yuk!

Suara.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu gejala tubuh yang cukup berbahaya karena berisiko memicu penyakit kronik seperti jantung, stroke hingga gagal ginjal.

Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah meningkat di atas normal atau lebih dari 140/90 mmHG. Setelah hipertensi terjadi, biasanya dokter akan menyarankan untuk beristirahat, memperbaiki pola makan dan mengonsumsi obat.

Tapi hipertensi juga bisa diturunkan dengan lima cara alami ini, sebagaimana mengutip Times of India, Rabu (4/8/2021) berikut:

1. Mengurangi asupan garam atau natrium
Banyak penelitian mengungkap hubungan antara hipertensi dengan asupan natrium atau garam yang berlebih. Natrium bisa menyebabkan stroke, sehingga mengurangi asupan natrium harian bisa menurunkan lima hingga enam mmHG dalam tekanan darah.

Baca Juga: Bisa Atasi Diare, Ini 7 Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan Tubuh

Efek natrium pada setiap orang memang berbeda-beda, tapi jumlah maksimal mengonsumsi garam hanya 2.400 miligram atau sekitar satu sendok teh per hari.

2. Tingkatkan asupan kalium
Kalium adalah nutrisi nutrisi penting bagi orang yang mengalami hipertensi. Sejenis mineral ini bisa membantu membuang kelebihan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Perlu diingat, makanan yang diolah melalui pemrosesan atau makanan kemasan cenderung tinggi natrium, sehingga kalium bisa menyeimbangkannya. Beberapa makanan tinggi kalium yang disarankan di antaranya:

  • Sayuran: Sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar
  • Buah: Melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, susu, yoghurt, tuna, dan salmon

3. Teratur berolahraga
Olahraga adalah kegiatan penting untuk tubuh. Penelitian menunjukkan setiap orang membutuhkan olahraga 30 hingga 45 menit secara teratur agar tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Kegiatan ini sangat penting bagi orang denagn hipertensi, karena olahraga bisa membuat jantung lebih kuat, dan bisa memompa darah menjadi lebih baik dan menurunkan tekanan di pembuluh darah jantung. Dengan berjalan kaki minimal 40 menit setiap hari akan membuat Anda tetap sehat dan aman.

Baca Juga: Ketahui Proses Alamiah yang Terjadi Pada Tubuh Manusia Setelah Mati

4. Kurangi alkohol dan berhenti merokok
Alkohol dan rokok bisa menyebabkan hipertensi, karena berdasarkan penelitian alkohol meningkatkan risiko 16 persen kejadian hipertensi di seluruh dunia.
Sedangkan perpaduan alkohol dan nikotin pada rokok bisa memicu hipertensi dan merusak pembuluh darah, maka berhenti mengonsumsi kedua benda ini akan sangat membantu.