facebook

Ragam Penyebab Tinnitus, Gangguan Pendengaran yang Bikin Telinga Berdenging Tanpa Henti

M. Reza Sulaiman
Ragam Penyebab Tinnitus, Gangguan Pendengaran yang Bikin Telinga Berdenging Tanpa Henti
Telinga berdenging karena tinnitus. (Shutterstock)

Mendengar suara berdenging tanpa henti bisa sangat mengganggu. Jika ini terjadi pada Anda, sangat mungkin Anda mengalami tinnitus. Apa itu?

Suara.com - Mendengar suara berdenging tanpa henti bisa sangat mengganggu. Jika ini terjadi pada Anda, sangat mungkin Anda mengalami tinnitus. Apa itu?

dr Samuel Yeak dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura dalam laman SmarterHealth.id mengungkap, tinnitus adalah gangguan pendengaran yang membuat pengidapnya mendengar suara berdenging. Suara berdenging bisa muncul tiba-tiba tanpa sebab, yang pada akhirnya mengurangi kualitas hidup.

Menurut dr Yeak, ada beragam penyebab tinnitus tergantung lokasi dan masalah yang dialami.

1. Masalah eksternal dan telinga bagian luar

Baca Juga: Hits Health: Jangan Buang Air Kecil Sambil Mandi, Perhatikan Lipatan pada Daun Telinga

Tinnitus karena masalah eksternal bisa terjadi karena kotoran telinga yang menumpuk atau karena ada infeksi. Pengobatannya mudah, karena telinga hanya perlu dibersihkan.

ilustrasi telinga. (Shutterstock)
ilustrasi telinga. (Shutterstock)

"Masalah eksternal seperti kotoran telinga atau infeksi bisa ditangani dengan mudah dengan membersihkan telinga di bawah mikroskop," tuturnya.

2. Masalah telinga bagian tengah

Masalah di telinga bagian tengah bisa terjadi karena adanya penyumbatan di saluran eustachius, saluran yang menghubungkan bagian tengah telinga dengan belakang hidung dan nasofaring.

Di sini, telinga berdenging juga bisa disebabkan oleh masalah hidung seperti alergi, sinus, atau polip. Dokter juga akan memeriksa kelenjar gondok, untuk melihat apakah ada pembengkakan.

Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung Koroner, Perhatikan Lipatan pada Daun Telinga

"Jika keluar cairan dari satu sisi telinga bagian tengah, harus diperiksa apakah tidak terdapat kondisi yang berbahaya seperti misalnya kanker nasofaring," tuturnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar