alexametrics

Mau Tingkatkan Kesehatan Keluarga? Coba Ubah dengan 5 Pola Makan Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Mau Tingkatkan Kesehatan Keluarga? Coba Ubah dengan 5 Pola Makan Berikut
Ilustrasi makan bersama keluarga. (Shutterstock)

Berikut beberapa pola makan yang perlu Anda terapkan untuk seluruh anggota keluarga.

Suara.com - Kesehatan biasanya bermula dengan kebiasaan pola makan yang diterapkan dari rumah. Sederhananya, kesehatan berasal dari apa yang Anda konsumsi setiap hati. 

Melansir dari Times of India, memperhatikan apa yang Anda makan dapat memainkan peran besar dalam mencegah infeksi, meningkatkan kekebalan, mendorong pertumbuhan pada anak-anak, melawan penyakit, dan menjaga kita tetap mendapatkan gizi seimbang.

Oleh karena itu, berikut beberapa pola makan yang perlu Anda terapkan untuk keluarga, antara lain:

1. Pilih minyak Anda dengan bijak

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNEJ Terapkan Konsultasi Kesehatan Online di Desa Pakuwesi

Kurangi asupan minyak nabati olahan yang kaya akan asam lemak omega 6 dan sertakan sumber asam lemak omega 3 dalam asupan makanan keuarga. Asam lemak omega 6 dan omega 3 dibutuhkan dalam jumlah yang sama dari tubuh kita.

Tetapi asupan minyak olahan yang tinggi berdampak negatif pada tubuh. Untuk mencapai keseimbangan, kurangi makanan yang kaya asam lemak omega 6 seperti bunga matahari, kedelai, minyak olahan jagung. Anda lebih baik konsumsighee, minyak zaitun dan minyak mustard dalam masakan sehari-hari.

2. Kurangi asupan karbohidrat

Hilangkan asupan karbohidrat sederhana olahan seperti roti, mie, biskuit, dan pasta.  Tingkatkan ukuran porsi kacang-kacangan dan kacang-kacangan dan kurangi asupan sereal untuk diet seimbang.

3. Konsmumsi telur, ikan, dan susu

Baca Juga: Merasa Lebih Muda dari Usia Sebenarnya Ternyata Baik untuk Kesehatan

Makanan hewani seperti susu, krim, telur, keju, keju cottage, yoghurt, daging, ayam, dan ikan memberi Anda berbagai zat gizi mikro yang sulit diperoleh dalam jumlah yang cukup dari sumber nabati.

Ilustrasi ikan. (Unsplash.com/camila igisk)
Ilustrasi ikan. (Unsplash.com/camila igisk)


4. Kurangi gula

Gula memiliki jumlah kalori yang tinggi di mana memiliki efek pada kadar gula darah.

5. Konsumsi biji-bijian

Berbagai jenis biji-bijian kaya akan lemak, protein, serat, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, vitamin B-6 di antara vitamin dan mineral lainnya. Anda dapat memasukkan biji rami atau biji chia untuk mendapatkan dosis omega 3 yang sehat.

Komentar