alexametrics

FDA Setujui Pemberian Booster Vaksin Pfizer Untuk Lansia

Bimo Aria Fundrika
FDA Setujui Pemberian Booster Vaksin Pfizer Untuk Lansia
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Pfizer saat vaksinasi COVID-19 di Mal Cilandak Town Square, Jakarta, Rabu (1/9/2021). ANTARA FOTO/Fauzan

Vaksin booster dosis ketiga itu hanya dapat diberikan enam bulan setelah kelompok yang memenuhi syarat menerima suntikan Pfizer dosis kedua.

Suara.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, akhirnya menyetujui penggunaan booster vaksin Pfizer untuk lansia dan orang lain yang berisiko tinggi terkena virus.

Vaksin booster dosis ketiga itu hanya dapat diberikan enam bulan setelah kelompok yang memenuhi syarat menerima suntikan Pfizer dosis kedua.

"Tindakan hari ini menunjukkan bahwa sains dan data yang tersedia saat ini terus memandu pengambilan keputusan FDA untuk vaksin COVID-19 selama pandemi ini," kata Penjabat Komisaris FDA Janet Woodcock dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan otorisasi.

Otorisasi hari ini hanya berlaku untuk vaksin Pfizer dan persetujuan masih diperlukan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sebelum dapat diberikan.

Baca Juga: Vaksin Booster Johnson & Johnson Diklaim Tingkatkan Perlindungan Hingga 94 Persen

Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Pfizer yang akan disuntikkan ke warga di Puskesmas Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/8/2021).  ANTARA FOTO
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin Pfizer yang akan disuntikkan ke warga di Puskesmas Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/8/2021). ANTARA FOTO

Di bawah otorisasi, orang dewasa 65 dan lebih tua dan kelompok berisiko tinggi berusia 18 hingga 64 bisa mendapatkan suntikan booster dosis tunggal jika CDC menandatangani.

Panel penasihat CDC dapat memberikan suara pada Kamis tentang penggunaan suntikan ketiga vaksin.

Administrasi Biden telah bertujuan untuk meluncurkan suntikan booster ke semua orang Amerika berusia 16 dan lebih tua pada minggu ini, tetapi panel penasihat FDA minggu lalu menolak persetujuan yang lebih luas.

Panel penasehat mengatakan tidak ada cukup bukti untuk mendukung suntikan booster untuk semua yang berusia 16 tahun dan mencari lebih banyak data keselamatan.

Baca Juga: Johnson & Johnson Klaim Booster Covid-19 Dapat Memberikan Perlindungan Ekstra

Komentar