alexametrics

Resep Herbal, Air Kelapa Muda Sebagai Pembersih Liver ala Dokter Zaidul Akbar

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Resep Herbal, Air Kelapa Muda Sebagai Pembersih Liver ala Dokter Zaidul Akbar
Ilustrasi air kelapa. (Shutterstock)

Air kelapa muda mengandung tinggi asam amino untuk mencegah komplikasi penyakit liver.

Suara.com - Dokter Zaidul Akbar memberikan resep herbal untuk orang dengan gangguan liver atau hati, organ yang perannya sangat vital bagi tubuh manusia.

Resep herbal ini bisa membersihkan liver yang sehari-hari memiliki tugas berat yakni membersihkan darah dari zat beracun, alkohol, hingga obat-obatan.

Dokter penggagas jurus sehat rasulullah (JSR) itu mengungkapkan resep herbal pembersih liver ini membutuhkan bahan utama air kelapa muda, yang mengandung tinggi asam amino untuk mencegah komplikasi penyakit liver.

Adapun campurannya bisa menggunakan jahe, kunyit, kencur dan temulawak yang bisa digunakan bergantian dengan air kelapa.

Baca Juga: Bantu Atasi Kurang Tidur, Cobalah Minum Teh Lemon Balm Setiap Malam

"Air kelapa diblender bersama jahe atau kunyit atau kencur atau temulawak juga bisa, nanti airnya diminum sehari sekali. Sedangkan pemanisnya bisa ditambahkan kurma, agar lebih nikmat diminum," ujarnya mengutip kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Sabtu (25/9/2021).

Adapun kunyit dan jahe memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga mampu memperbaiki fungsi liver. Bahkan beberapa penelitian menunjukan jika kunyit bisa untuk menyembuhkan hepatitis C, yakni salah satu penyakit liver.

Temulawak sudah menjadi rahasia umum sebagai obat keluarga, khususnya untuk penyakit liver. Ini karena temulawak bisa melindungi hati dari hepatotoksik, yakni bahan kimia yang bisa merusak fungsi hati.

Manfaat liver untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah menyegarkan sistem peredaran darah, seperti diungkap dalam U.S National Library of Medicine. Manfaat inilah yang akhirnya membuat fungsi hati jadi lebih mudah, karena darah jadi lebih bersih.

Dalam resep ini, kurma berfungsi sebagai pemanis, tapi kurma juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selain kandungan serat yang tinggi, gula alami yang bisa menekan diabetes, di dalam kurma juga terkandung prebiotik, sebagai makanan dari bakteri baik yakni probiotik, sehingga kekebalan tubuh meningkat drastis.

Baca Juga: Resep Nasi Putih Kaya Serat ala Dokter Zaidul Akbar, Dijamin Lebih Sehat!

"Jadi kita kalau paham ini, gampang untuk mengobati penyakit," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Komentar