alexametrics

Update Covid-19 Global Hari Ini: Indonesia Dominasi Penurunan Kasus Mingguan di ASEAN

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global Hari Ini: Indonesia Dominasi Penurunan Kasus Mingguan di ASEAN
Ilustrasi Covid-19.(Freepik.com)

Kasus Covid-19 di dunia dalam sepekan kembali tercatat penurunan sebanyak 10 persen.

Suara.com - Kasus Covid-19 di dunia dalam sepekan kembali tercatat penurunan sebanyak 10 persen. Penurunan tersebut sebagian disebabkan berkurangnya laporan infeksi baru di sejumlah negara yang sering kali mendominasi kasus harian.

Data pada situs Worldometers hari ini, Selasa, 28 September 2021, kasus positif masih bertambah sebanyak 361.556 kasus dan kematian bertambah 5.257 dalam 24 jam terakhir.

Totalnya per Selasa (28/9/2021) pukul 08.00 WIB kini menjadi 233 juta kasus positif dengan 4,76 juta kematian.

Meski begitu, beberapa penurunan kasus harian dalam sepekan nampak terjadi di Amerika Serikat yang turun 18 persen, India minus 6 persen, Brasil minus 7 persen, juga Iran berkurang 16 persen. 

Baca Juga: Muncul Virus Corona Varian R1, Apakah Sudah Masuk Ke Indonesia?

Ilustrasi virus corona. [Antara]
Ilustrasi virus corona. [Antara]

Sementara negara-negara di Asia Tenggara beberapa ada yang alami penurunan kasus positif, tetapi empat negara di antaranya masih mengalami lonjakan infeksi dalam sepekan terakhir.

Keempatnya yakni, Singapura naik 65 persen, Kamboja naik 9 persen, Laos naik 44 persen, Brunei Darussalam naik 69 persen.

Sementara enam negara ASEAN lainnya alami penurunan kasus positif selama sepekan yakni, Filipina turun 11 persen, Malaysia turun 15 persen, Thailand turun 10 persen, Vietnam turun 6 persen, Myanmar minus 21 persen, dan Indonesia mengalami penurunan terbanyak hingga minus 26 persen.

Diakui Satgas Penanganan Covid-19 bahwa kurva kasus positif di Indonesia telah melandai pasca terjadi lonjakan gelombang kedua pada Juli-Agustus lalu.

Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus baru di Indonesia bahkan lebih sedikit dari Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga: Tergolong Ringan, Begini Efek Samping Suntikan Booster Vaksin Johnson & Johnson

Namun demikian, juri bicara Satgas Penanganan Covid-19 prof. Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat tetap harus waspada dengan ancaman gelombang ketiga yang bisa terjadi kapan saja, terutama saat mendekati libur nasional.

Komentar