alexametrics

Baik untuk Kesehatan Mental, Anak Perlu Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Baik untuk Kesehatan Mental, Anak Perlu Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Penelitian baru menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayur bisa meningkatkan kesehatan mental anak.

Suara.com - Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa anak-anak dengan pola makan baik dengan tinggi buah dan sayur memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang terbit pada jurnal BMJ Nutrition, Prevention & Health.

Melansir dari Medical Xpress, penelitian baru dari University of East Anglia ini menyelidiki hubungan antara asupan buah dan sayuran, pilihan sarapan dan makan siang, dan kesehatan mental.

Studi ini menunjukkan bagaimana makan lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik di kalangan siswa sekolah menengah. Penelitian ini dipimpin oleh UEA Health and Social Care Partners bekerja sama dengan Norfolk County Council.

"Kami tahu bahwa kesejahteraan mental yang buruk adalah masalah utama bagi kaum muda dan kemungkinan memiliki konsekuensi negatif jangka panjang," ujar peneliti utama Prof Ailsa Welch, dari Norwich Medical School UEA.

Baca Juga: Viral Pemuda Sambut Jamaah dan Rapihkan Sendal di Masjid Ternyata Anak Orang Kaya, Siapa?

"Tekanan media sosial dan budaya sekolah modern telah disebut-sebut sebagai alasan potensial untuk meningkatnya prevalensi kesejahteraan mental yang rendah pada anak-anak dan remaja," imbuhnya. 

Ilustrasi anak makan buah. (Shutterstock)
Ilustrasi anak makan buah. (Shutterstock)

Tim peneliti mempelajari data dari hampir 9.000 anak di 50 sekolah di seluruh Norfolk (7.570 sekolah menengah dan 1.253 anak sekolah dasar) di Inggris. 

Dalam hal ini, peneliti melihat hubungan antara faktor gizi dan kesejahteraan mental. Mereka memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin berdampak seperti pengalaman masa kanak-kanak yang merugikan dan situasi rumah.

"Kami menemukan bahwa makan dengan baik dikaitkan dengan kesejahteraan mental yang lebih baik pada anak-anak. Dan di antara anak-anak sekolah menengah khususnya, ada hubungan yang sangat kuat antara makan makanan bergizi, dikemas dengan buah dan sayuran, dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik," ujar Dr Richard Hayhoe, juga dari UEA's Norwich Medical School.

"Anak-anak yang makan sarapan tradisional mengalami kesejahteraan yang lebih baik daripada mereka yang hanya makan camilan atau minuman. Tetapi anak-anak sekolah menengah yang minum minuman berenergi untuk sarapan memiliki skor kesejahteraan mental yang sangat rendah, bahkan lebih rendah daripada anak-anak yang tidak sarapan sama sekali," imbuhnya. 

Baca Juga: Gojek - AMSI Gelar Penghargaan Karya Jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2021

Komentar