alexametrics

Catat! 3 Rekomendasi Penggunaan Masker Pada Anak dari Satgas Covid-19

M. Reza Sulaiman
Catat! 3 Rekomendasi Penggunaan Masker Pada Anak dari Satgas Covid-19
Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)

Penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan masih menjadi protokol kesehatan yang perlu ditaati oleh seluruh masyarakat, termasuk anak-anak.

Suara.com - Penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan masih menjadi protokol kesehatan yang perlu ditaati oleh seluruh masyarakat, termasuk anak-anak.

Saat ini penggunaan masker yang disarankan adalah dua lapis. Lapis pertama adalah masker medis dan lapis kedua merupakan masker kain. Tujuannya untuk mencegah droplet yang keluar dan masuk dari dan ke saluran pernapasan.

Bagi orang dewasa, tentu hal yang mudah untuk menggunakan masker. Pasalnya, mereka juga sudah mengerti mengenai ancaman penularan virus Corona. Namun, bagaimana dengan anak-anak?

“Masker tidak perlu digunakan oleh siapa pun yang tidak bisa melepas masker tanpa bantuan—termasuk di antara mereka adalah bayi dan balita, atau seseorang dengan kesulitan bernapas,” demikian pernyataan Satgas Covid-19 berdasarkan imbauan dari Unicef.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Mereda, Amankah Lepas Masker?

Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)

Kendati demikian, WHO dan Unicef mempunyai rekomendasi untuk pemakaian masker pada anak. Berikut tiga rekomendasinya:

1. Anak berusia lima tahun ke bawah

Mereka tidak perlu diwajibkan mengenakan masker. Anjuran ini dibuat demi keselamatan anak dan fakta bahwa setiap anak boleh jadi mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda.

2. Anak usia 6-11

Anak-anak di usia ini dapat mengenakan masker berdasarkan tingkat risiko. Faktor risiko termasuk penularan lokal; kemampuan anak untuk mematuhi aturan; kehadiran orang dewasa; dan pertimbangan lain seperti kondisi disabilitas atau penyakit bawaan.

Baca Juga: Cuma Jaga Jarak Tapi Tak Pakai Masker, Bisakah Lindungi dari Virus Corona?

3. Anak usia 12 ke atas

Komentar