alexametrics

Gawat! Selain Sperma Menurun, Kurang Tidur Bikin Testis Menyusut, Ini Bukti Ilmiahnya

Yasinta Rahmawati
Gawat! Selain Sperma Menurun, Kurang Tidur Bikin Testis Menyusut, Ini Bukti Ilmiahnya
Ilustrasi studi terbaru menemukan kurang tidur tak hanya membuat jumlah sperma menurun, tetapi juga ukuran testis mengecil alias menyusut. (Sumber: Shutterstock)

Kaum pria terutama yang sering begadang wajib tahu temuan para peneliti yang melakukan studi terhadap pria yang kurang tidur ini.

Suara.com - Seperti yang diketahui, kurangnya waktu tidur dapat berkontribusi pada kesehatan mental dan fisik yang buruk, bahkan studi terkini menemukan bisa membuat ukuran testis menyusut atau mengecil lho!

Para peneliti dari University of Southern Denmark telah menemukan bahwa pria yang kurang tidur memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dan juga mengurangi jumlah sperma.

Tak berhenti sampai di situ, penyusutan ukuran testis ditemukan ketika pria tidak cukup tidur.

Diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, para peneliti mensurvei hampir 1.000 pria yang berusia akhir belasan dan awal dua puluhan tentang jadwal tidur mereka, gangguan tidur, dan kebiasaan tidur.

Baca Juga: Sehari Hanya Tidur 4 Jam atau Kurang? Ini Dampaknya pada Otak

Dilansir dari Medical Daily, testis pria juga diukur serta jumlah sperma diambil dari semua pria dan dinilai untuk jumlah maupun viabilitas sperma.

Peneliti menemukan pada pria yang memiliki masalah tidur, seperti insomnia, begadang, atau memiliki tidur yang tidak konsisten sepanjang malam dan sering terbangun, jumlah sperma turun 29 persen.

Ilustrasi kurang tidur (Pexels).
Ilustrasi kurang tidur (Pexels).

Selain itu, sperma mereka 1,6 persen lebih cacat dan ukuran testis mereka juga lebih kecil daripada saudara-saudara mereka yang cukup istirahat.

Namun demikian, studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan apa yang menyebabkan semua itu. 

Di sisi lain, jumlah sperma pria di dunia memiliki kecenderungan menurun drastis selama beberapa dekade. Penurunan tersebut hingga kini dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat dan semakin tidak aktif.

Baca Juga: 9 Cara Mengecilkan Lengan dalam Rutinitas Sehari-hari, Termasuk Tidur Cukup dan Teratur

Tentang gaya hidup tidak sehat, para peneliti mengakui bahwa pria yang memiliki kualitas tidur lebih buruk menjalani kehidupan yang tidak sehat daripada mereka yang tidur nyenyak.

Pria yang biasanya memiliki istirahat malam yang buruk lebih kelebihan berat badan, minum lebih banyak alkohol, dan merokok lebih banyak daripada pria yang memiliki kualitas tidur yang baik.

Komentar