alexametrics

Cegah Penyebaran Varian Omicron, Inggris Lakukan 3 Cara Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Cegah Penyebaran Varian Omicron, Inggris Lakukan 3 Cara Ini!
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Inggris melakukan beberapa cara untuk mencegah penyebaran varian Omicron.

Suara.com - Varian B.1.1.529 yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan diberi nama Varian Omicron. Varian baru virus corona ini cukup mengkhawatirkan karena diketahui lebih berbahaya daripada varian lainnya, termasuk varian Delta.

Sejauh ini, Inggris sendiri sudah melaporkan dua kasus infeksi virus corona Covid-19 terkait varian Omicron yang sudah resmi diberi label sebagai varian perhatian.

Tetapi, penasihat ilmiah pemerintah Inggris, Sir Patrick Vallance memberi tahu 3 cara orang Inggris dalam melawan varian Omicron.

1. Membatasi akses pelancong ke Inggris

Baca Juga: Pasien Diabetes Berisiko Alami Depresi, Bisakah Dicegah dengan Vitamin D dan Omega-3?

Vallance mengatakan cara pertama mengatasi varian Omicron adalah membatasi para pelancong yang terinfeksi virus corona Covid-19 masuk ke Inggris.

"Kami mencoba mendeteksi orang yang datang ke Inggris untuk mencegah penyebaran varian Omicron di negara ini," kata Vallance dikutip dari The Sun.

Ilustrasi virus corona Covid-19, varian Omicron. [Antara]
Ilustrasi virus corona Covid-19, varian Omicron. [Antara]

Sebelumnya, perdana menteri Inggris mengumumkan bahwa semua orang yang tiba di Inggris harus melakukan tes PCR untuk mendeteksi virus corona Covid-19 pada hari kedua setelah tiba, terlepas dari status mereka sudah vaksinasi atau belum.

Selain itu, para pelancong juga harus melakukan isolasi mandiri sampai menunjukkan hasil negatif virus corona Covid-19.

2. Isolasi

Baca Juga: Dokter Cabul Klaim Bisa Sembuhkan Pasien dari Virus Kanker dengan Bersetubuh

Cara kedua adalah mengurangi penyebaran infeksi virus corona Covid-19 yang sudah ada di Inggris. Vallance mengatakan mengisolasi orang yang sudah terinfeksi virus corona Covid-19 untuk mencegah penyebaran varian Omicron.

"Kami akan berusaha membatasi penyebaran varian Omicron di Inggris dengan mendeteksi kasus-kasus baru dan memeriksa semua orang yang melakukan kontak," katanya.

Saat ini, mereka pun berusaha keras untuk melacak ribuan orang yang baru saja tiba dari Afrika Selatan selama 10 hari terakhir untuk mendeteksi varian Omicron.

Mereka juga tidak membedakan aturan isolasi bagi orang yang sudah vaksinasi atau belum. Karena, vaksinasi mungkin juga kurang efektif untuk melindungi diri kita dari varian baru virus corona tersebut

3. Suntikan booster vaksin Covid-19

Cara ketiga adalah mengupayakan semua orang di Inggris sudah suntikan vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Karena, suntikan booster vaksin Covid-19 bisa memperkuat kekebalan tubuh kita. Tingat cakupan antibodi yang sangat tinggi karena updaya vaksinasi ditingkatkan bisa menciptakan proporsi yang lebih tinggi dari orang yang terlindungi.

Komentar