alexametrics

Bisa Jadi Gejala Kanker Darah, Perhatikan Perubahan Warna pada Kulit!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Bisa Jadi Gejala Kanker Darah, Perhatikan Perubahan Warna pada Kulit!
Kanker darah (Shutterstock)

Memar atau perubahan warna kulit yang lebih gelap bisa menjadi pertanda kanker darah.

Suara.com - Leukemia, limfoma dan myeloma adalah beberapa jenis kanker darah yang paling umum. Banyak jenis kanker darah sekarang yang bisa diobati dan memberikan tingkat kelangsungan hidup 5 tahun pada penderitanya.

Menurut Blood Cancer UK, mengenali gejala kanker darah lebih awal merupakan salah satu cara untuk menangani kanker darah lebih cepat dan tepat. Sayangnya, banyak orang sering tak menyadari kanker darah bisa menunjukkan gejala pada kulit.

Beberapa jenis kanker menyerang sel-sel yang membentuk darah, seperti kanker darah. Gejalanya biasanya muncul perlahan sehingga seseorang terkadang tidak menyadarinya.

Bahkan, beberapa orang mungkin juga tidak mengalami gejala apapun. Menurut Blood Cancer UK dilansir dari Express, gejala awal kanker darah, meliputi:

Baca Juga: Spanyol Deteksi Kasus Virus Corona Varian Omicron Pertama

Ilustrasi memar pertanda kanker darah. (Shutterstock)
Ilustrasi memar pertanda kanker darah. (Shutterstock)
  1. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
  2. Kulit memar atau berdarah yang tidak jelas penyebabnya
  3. Benjolan atau pembengkakan pada kulit tubuh
  4. Sesak napas
  5. Keringat malam hingga basah kuyup
  6. Infeksi yang persisten, berulang atau parah
  7. Demam tinggi atau lebih dari 38 derajat celcius
  8. Ruam atau kulit gatal yang tidak jelas
  9. Nyeri pada tulang, persendian atau perut
  10. Kelelahan yang tidak membaik setelah istirahat atau tidur
  11. Kepucatan

Blood Cancer UK menjelaskan bahwa tidak semua orang mengalami gejala kanker darah yang sama. Beberapa gejala kanker darah dapat terlihat berbeda pada warna kulit yang berbeda.

Umumnya, memar terlihat seperti bercak merah yang berubah warna menjadi gelap seiring waktu pada kulit dan sering kali terasa lembut. Pada kulit hitam dan coklat, memar mungkin pertanda kanker darah mungkin lebih sulit dideteksi pada tahap awal.

Tetapi gejala ini akan berkembang seiring waktu. Memar akan membuat beberapa bagian kulit terlihat lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya.

Sehingga, tanda-tanda kanker darah yang muncul pada kulit bisa sangat mudah atau sulit diidentifikasi tergantung pada warna kulit alami penderitanya.

Pada kulit terang bercak merah atau ungu bisa dikenal sebagai tanda memar akibat kanker darah. Pada kulit hitam atau coklat, memar akibat kanker darah mungkin akan terlihat seperti beberapa bagian kulit menjadi lebih gelap dibandingkan sekitarnya.

Baca Juga: Dokter di Afrika Selatan Ungkap Gejala Tak Biasa Pasien Virus Corona Varian Omicron

Kanker tanda memar akibat kanker darah ini sulit dikenali, pahami bahwa orang usia 65 tahun ke atas lebih mungkin mengalami penurunan berat badan atau pembengkakan kelenjar getah bening sebagai pertanda kanker darah.

Jika Anda memiliki kanker darah yang tumbuh lambat, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan langsung dan beberapa penderita mungkin juga tidak membutuhkannya.

Selain itu, perawatan kanker darah pun bisa memberikan sejumlah efek samping. Beberapa orang mengalami beberapa efek ini sebagai akibat dari kanker itu sendiri, bahkan jika mereka tidak menjalani pengobatan.

Komentar