alexametrics

Ancaman Covid-19 Varian Omicron: Inggris Isolasi 10 Hari, China Lockdown

M. Reza Sulaiman
Ancaman Covid-19 Varian Omicron: Inggris Isolasi 10 Hari, China Lockdown
Omicron. (Dok. Envato)

Negara-negara di dunia memiliki respons berbeda terkait penanganan Covid-19 varian Omicron, yang disebut WHO sebagai variant of concern (VoC). Indonesia bagaimana?

Suara.com - Negara-negara di dunia memiliki respons berbeda terkait penanganan Covid-19 varian Omicron, yang disebut WHO sebagai variant of concern (VoC).

Di Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia masih terkendali meski ada ancaman varian Covid-19 baru B.1.1.529 atau Omicron.

Luhut mengatakan tren penurunan kasus masih konsisten, bahkan sudah turun 99 persen dari puncak gelombang kedua pandemi pada Juli lalu.

"Penerapan PPKM yang masih terus dilakukan di Jawa-Bali menunjukkan tren yang cukup stabil," kata Luhut dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Varian Omicron Buat Rontok Pasar Saham AS

Bagaimana dengan negara-negara dunia lainnya? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Spanyol Deteksi Kasus Virus Corona Varian Omicron Pertama

Omicron. (Dok. Envato)
Omicron. (Dok. Envato)

Spanyol telah mendeteksi kasus pertama virus corona varian Omicron. Kasus itu dideteksi pada seorang lelaki yang baru saja tiba dari Afrika Selatan.

Lelaki berusia 51 tahun tersebut, dites ketika dia tiba di bandara Madrid pada Minggu lalu melalui Amsterdam. Pemerintah setempat mengatakan bahwa hasil tes lelaki tersebut posisit Covid-19. 

Baca selengkapnya

Baca Juga: Tangkal Varian Omicron dengan Vaksinasi Dosis Ketiga, Ini Kata Satgas COVID-19

2. Cegah COVID-19 Varian Omicron Menyebar, Norwegia Genjot Vaksinasi

Covid-19 varian Omicron. [Dok.Antara]
Covid-19 varian Omicron. [Dok.Antara]

Vaksinasi menjadi cara untuk mencegah infeksi COVID-19 varian Omicron menyebabkan masalah kesehatan parah. Untuk itu sejumlah negara Eropa termasuk Norwegia terus menggenjot program vaksinasi di negaranya.

Melansir ANTARA, Norwegia akan berupaya membatasi penyebaran virus corona varian Omicron, termasuk menambah masa isolasi bagi orang-orang yang dinyatakan terinfeksi.

Baca selengkapnya

3. Meski Ada Varian Omicron, Wacana Hidup dengan COVID-19 di Selandia Baru Tetap Lanjut

Varian baru virus Corona [Foto: Antara]
Varian baru virus Corona [Foto: Antara]

Pemerintah Selandia Baru menegaskan akan terus berupaya mengajak masyarakat untuk hidup dengan COVID-19, meski ancaman COVID-19 varian Omicron di depan mata.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan hingga saat ini, belum terdeteksi kasus akibat varian Omicron di Selandia Baru. Tetapi perkembangan situasi global menunjukkan mengapa pendekatan yang hati-hati diperlukan di perbatasan.

Baca selengkapnya

4. Transit di Changi, 2 Warga Afrika Selatan Positif COVID-19 Varian Omicron

Situasi Bandara Changi Singapura, Maret 2020. [AFP]
Situasi Bandara Changi Singapura, Maret 2020. [AFP]

Otoritas Kesehatan Singapura melaporkan adanya kasus COVID-19 varian Omicron yang ditemukan pada pelancong di Bandara Changi.

Mengutip ANTARA, dua pelancong yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan, transit di Bandara Changi dengan tujuan melanjutkan penerbangan ke Sydney, Australia.

Baca selengkapnya

5. Inggris Terapkan Isolasi 10 Hari untuk Cegah Penyebaran Varian Omicron

Ilustrasi virus Omicron, virus corona Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi virus Omicron, virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Inggris memberlakukan aturan isolasi selama 10 hari bagi orang yang telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi varian Omicron, terlepas dari statusnya sudah vaksinasi atau belum.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson menyampaikan aturan baru isolasi ini ketika varian Omicron ini menjadi sangat mengkhawatirkan. Apalagi, dua kasus varian Omicron telah terdeteksi di Inggris, yakni di Essex dan Nottingham.

Baca selengkapnya

6. Temukan Kasus Covid-19, Kota di Perbatasan China-Rusia Lockdown Total

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

Pemerintah China melakukan penguncian total alias lockdown di kota Manzhouli, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, China, yang berbatasan langsung dengan Rusia.

Lockdown dilakukan setelah otoritas kesehatan setempat melaporkan adanya belasan kasus Covid-19 varian Omicron yang ditemukan.

Baca selengkapnya

Komentar