alexametrics

5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Diri Anda, Hentikan Sekarang Juga!

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Diri Anda, Hentikan Sekarang Juga!
Ilustrasi menggigit kuku. (Pexels)

Tanpa kita sadari, sejumlah hal yang dilakukan sehari-hari merupakan kebiasaan buruk yang seharusnya dihentikan.

Suara.com - Tanpa kita sadari, sejumlah hal yang dilakukan sehari-hari merupakan kebiasaan buruk yang seharusnya dihentikan.

Sebab, kebiasaan-kebiasaan buruk ini bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang bisa menyerang tubuh maupun pikiran.

Lalu, apa saja kebiasaan buruk yang perlu dihentikan sekarang juga?

1. Menggigit kuku

Baca Juga: Bukan Cuma Manusia, Lingkungan Juga Perlu Dijaga Kesehatannya

Mengutip Times of India, menggigit kuu merupakan kebiasaan buruk yang dapat membahayakan diri Anda.

Kebiasaan ini terjadi ketika seseorang mengalami kecemasan dan kekhawatiran. Jika dilakukan terus menerus, tentu dapat berisiko pada infeksi, kutil periungual, herpetic whitlow, hingga peradangan pada kuku.

2. Hidup dengan orang yang suka mengkritik

Mengkritik dengan cara positif tidak ada salahnya jika ini memengaruhi perkembangan diri Anda. Tetapi, jika Anda hidup bersama orang yang suka mengkritik, apalagi jika kritikannya itu malah menyakitkan, sebaiknya jauhi dari sekarang.

Ilustrasi sedang stres (pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sedang stres (pexels/Andrea Piacquadio)

3. Suka terlambat

Baca Juga: Tes Kesehatan Mandiri di Rumah, Cobalah Lakukan 3 Cara Ini selama 30 Detik!

Kebiasaan datang terlambat ke acara penting atau ke tempat kerja, akan memengaruhi produktivitas Anda. Jika terus dilakukan, ini dapat menyulitkan diri sendiri. Ditambah, Anda akan bermasalah dengan orang sekitar di tempat kerja bila terus datang terlambat.

4. Suka menunda

Kebiasaan buruk seperti menunda dapat menghambat perkembangan Anda. Salah satunya, Anda lebih memilih menunda pekerjaan untuk melakukan hal lain sebelum tanggung jawab itu selesai. Daripada membuang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat, baiknya selesaikan tanggung jawab Anda dulu sebelum bersantai sejenak.

5. Berkencan dengan orang yang salah

Apakah Anda selalu dicampakkan oleh pasangan setelah menjalin hubungan? Bisa saja ini kebiasaan buruk Anda saat terjebak di orang yang salah. Padahal, masih banyak orang baik yang mungkin lebih baik buat Anda. Tapi, Anda lebih memilih pada orang yang salah. Jadi dari sekarang, berkencan lah dengan orang yang membuat Anda bahagia dan merasa dicintai.

Komentar