facebook

Awal Tahun 2022, Novavax Siap Bikin Vaksin COVID-19 Varian Omicron

M. Reza Sulaiman
Awal Tahun 2022, Novavax Siap Bikin Vaksin COVID-19 Varian Omicron
Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Pexels// Artem Podrez)

Ancaman COVID-19 varian Omicron membuat perusahaan farmasi memerlukan formula baru untuk vaksin COVID-19 yang diberikan kepada masyarakat.

Suara.com - Ancaman COVID-19 varian Omicron membuat perusahaan farmasi memerlukan formula baru untuk vaksin COVID-19 yang diberikan kepada masyarakat.

Salah satunya adalah Novavax Inc yang mengatakan bahwa pihaknya akan memulai produksi komersial vaksin COVID-19 yang dikembangkan khusus untuk varian Omicron pada Januari 2022.

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat itu juga akan menguji apakah produk vaksinnya saat ini bekerja efektif terhadap varian Omicron atau tidak.

Menurut Novavax, dalam beberapa pekan mendatang data laboratorium diharapkan akan menunjukkan apakah antibodi dari para individu yang sebelumnya menerima vaksin COVID-19 Novavax dapat menetralkan varian Omicron.

Baca Juga: Waspada Covid-19 Varian Omicron, Jokowi Ingatkan Polda-polda yang Jaga Perbatasan

Ilustrasi vaksin Covid-19 [Foto: Antara]
Ilustrasi vaksin Covid-19 [Foto: Antara]

Mereka juga mengatakan telah mulai mengembangkan antigen protein paku varian Omicron yang spesifik dan akan memulai tes laboratorium terhadap vaksin baru untuk menyasar varian tersebut dalam beberapa pekan mendatang.

Virus corona varian Omicron telah mengguncang pasar dunia dan menyebabkan kekhawatiran global.

Banyak pihak mengkhawatirkan kemungkinan varian baru itu kebal dari perlindungan vaksin saat ini, yang bisa memperpanjang masa krisis kesehatan masyarakat dunia.

Perusahaan pembuat vaksin lain, termasuk Moderna dan Pfizer, juga telah mulai membuat vaksin COVID-19 yang disesuaikan dengan varian Omicron.

Vaksin COVID-19 Novavax telah mendapat persetujuan penggunaan darurat di Indonesia pada awal November.

Baca Juga: India Berhasil Ciptakan Vaksin Covid-19 Tanpa Jarum Suntik

Singapura Laporkan 2 Kasus Covid-19

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar