alexametrics

Jangan Sembarangan Minum, Ini Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan

Bimo Aria Fundrika
Jangan Sembarangan Minum, Ini Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan
vitamin C dan D sangat dibutuhkan tubuh pada masa pancaroba saat pandemi ini

Di balik manfaat dan kemudahannya, namun meminum vitamin juga tidak boleh sembarangan.

Suara.com - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat jadi lebih sadar akan pentingnya kesehatan. Tidak sedikit masyarakat yang menambah asupan suplemen dan vitaminnya.

Selain menambah kebutuhan nutrisi dalam tubuh, asupan vitamin dan suplemen juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Di balik manfaat dan kemudahannya, namun meminum vitamin juga tidak boleh sembarangan. Konsumsilah vitamin dan suplemen ketika kebutuhan tubuh sedang meningkat.

Misalnya sangat sedang padat aktivitas, menjelang musim sakit seperti pancaroba, dalam masa pemulihan, atau lainnya. Jenis vitamin dan suplemen yang dikonsumsi pun harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C bagi Tubuh Manusia, Salah Satunya Menghambat Penuaan Dini

Dalam keterangannya, CEO Jove, Natali Ardianto, memberikan tips konsumsi suplemen dan vitamin sesuai dengan kebutuhan.

Sering lembur dan kurang tidur

Ilustrasi Vitamin D (freepik)
Ilustrasi Vitamin D (freepik)

Bagi kamu yang sering lembur dan tidur larut malam, kamu harus berhati-hati. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat membuat tubuhmu rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Selain makan dengan gizi dan nutrisi yang cukup, kamu mungkin perlu mengonsumsi vitamin untuk menambah kekuatan dan kekebalan tubuh.

Beberapa di antaranya adalah vitamin C, D, E, dan A. Sebagai antioksidan yang kuat, manfaat vitamin C efektif untuk menetralkan radikal bebas akibat stres oksidatif akibat tidur larut malam. Selain itu, fungsi vitamin A dapat mencegah kekeringan dan kelelahan pada mata.

Sedangkan vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, yang mana sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi meski sudah lewat masa pertumbuhan. Tentunya tetap harus dibarengi oleh upaya pencegahan lainnya ya, seperti menyempatkan waktu untuk istirahat sejenak di sela-sela bekerja atau belajar, hindari minum kopi, teh, atau minuman kafein lainnya, dan tentunya rutin berolahraga.

Baca Juga: Jangan Sampai Kelebihan Vitamin D, Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Atasi lemas, tambah energi

Komentar