facebook

Nyeri Pada Bagian Tubuh Ini, Waspadai Tanda Kolesterol Tinggi

Bimo Aria Fundrika
Nyeri Pada Bagian Tubuh Ini, Waspadai Tanda Kolesterol Tinggi
Ilustrasi rahang nyeri. (Shutterstock)

kolesterol tinggi tidak memiliki gejala spesifik yang menonjol yang dapat diwaspadai dan inilah mengapa ia dikenal sebagai 'pembunuh diam-diam'.

Suara.com - Kolesterol tinggi kerap menjadi momok yang ditakuti banyak orang. Karena kondisi ini bisa mendatangkan komplikasi pada penyakit lainnya.

Kolesterol mengentalkan darah dan dapat mengganggu kelancaran peredaran darah terutama melalui arteri karena menumpuk di dinding arteri, menyumbatnya. Deposit kolesterol pada dinding arteri dapat mempersempit arteri atau menyumbatnya sepenuhnya.

Penyumbatan arteri menyebabkan mereka mengeras dan menghalangi aliran darah yang meningkatkan risiko pembekuan darah yang menghalangi aliran darah ke jantung atau otak, yang menyebabkan komplikasi serius. Oleh karena itu menjadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui apakah kadar kolesterol kita berada dalam batas aman. Namun, itu tidak semudah kelihatannya.

Tidak seperti kebanyakan penyakit, kolesterol tinggi tidak memiliki gejala spesifik yang menonjol yang dapat diwaspadai dan inilah mengapa ia dikenal sebagai 'pembunuh diam-diam'. 

Baca Juga: Bisa Merusak Organ Hati, Hindari Minum Paracetamol Tidak Sesuai Dosis

Kadar Kolesterol. (Shutterstock)
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

Penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah dapat menyebabkan penyumbatan yang pada akhirnya menimbulkan rasa sakit. Ketika kondisi ini mencapai ekstremitasnya, itu diberi label sebagai Penyakit Arteri Perifer (PAD).

PAD menyebabkan ketidaknyamanan baik di tangan dan kaki dan dapat mempengaruhi aktivitas seperti berjalan dan berlari. Jika PAD parah, bahkan dapat mengakibatkan kehilangan anggota badan. Tes denyut nadi adalah cara sederhana untuk mencari PAD dan dokter Anda dapat meresepkan dan melakukan tes dengan nyaman. 

Oleh sebab itu penting mengenali gejala sejak awal sebelum ke dokter. Dilansir dari Times of India, berikut ini tanda yang mesti diwaspadai. 

Aterosklerosis

Kondisi ini ditandai dengan akumulasi timbunan lemak di arteri yang menyumbatnya. Deposit tersebut terbuat dari zat lemak, produk limbah seluler, kalsium, fibrin dan kolesterol. Kolesterol yang menumpuk di tubuh menyebabkan rasa sakit di tangan dan merupakan gejala yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Kalori Telur Rebus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 Rahang yang menyakitkan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar