facebook

Hati-hati, Ini 6 Tanda Tubuh Berada Dalam Tekanan Stres Berkelanjutan!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Hati-hati, Ini 6 Tanda Tubuh Berada Dalam Tekanan Stres Berkelanjutan!
Ilustrasi stres (Pixabay/Peggy and Marco Lachmann-Anke/aufahardy)

Stres yang berkelanjutan hingga tak disadari bisa berdampak beberapa hal pada tubuh.

Suara.com - Anda mungkin sering tidak menyadari diri Anda mengalami stres yang berkepanjangan. Tapi, tubuh Anda tidak bisa menutupinya. Lalu apa tanda tekanan stres berkelanjutan yang dimaksud?

Stres akan membuat tubuh bereaksi berbagai cara, mulai dari kerontokan rambut hingga mulut menjadi kering. Semua itu upaya tubuh memberi tahu diri Anda sedang mengalami stres.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 6 tanda bahwa Anda berada di bawah tekanan stres terus-menerus hingga tak menyadarinya.

1. Sering menggertakkan gigi

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Sebabkan Insomnia, Ahli Sarankan Lakukan Ini!

Penyebab terbesar menggertakan gigi adalah stres. Anda mungkin pernah tak sengaja menggigit atau mengatupkan gigi.

Salah satu tanda bahwa Anda melakukan kebiasaan ini adalah rahang yang sakit keesokan paginya. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa gigi Anda terlihat lebih pendek dari biasanya.

Ilustrasi gigi. (Pixabay)
Ilustrasi gigi. (Pixabay)

2. Rambut rontok lebih banyak

Rambut rontok yang lebih banyak bisa jadi tanda stres. Gejolak emosi dapat mengganggu fase pertumbuhan siklus rambut. Hal inilah yang membuat rambut Anda rontok berlebihan. Jadi Anda mungkin mengalami kerontokan rambut 6-12 minggu setelah peristiwa yang membuat stres.

3. Bintik atau bercak merah di muka

Baca Juga: Gara-gara Virus Corona Covid-19, Ukuran Penis Pria Ini Mengecil!

Jika Anda tidak menderita alergi tetapi masih berjerawat, Anda mungkin mengalami masalah emosional. Anda mungkin juga akan memiliki bintik-bintik merah di mulut karena stres.

Anda mungkin sangat terpengaruh secara emosional sehingga tubuh Anda melepaskan beberapa bahan kimia yang mengubah respons tubuh Anda terhadap fungsi lainnya.

4. Mata berkedut sepanjang waktu

Stres bisa memberikan sinyal yang tidak biasa ke otak dan otot wajah. Akibatnya, mata Anda berkedut tak terkendali. Dalam beberapa kasus, kedutan berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

5. Selalu berkeringat

Berkeringat terjadi karena berbagai penyebab, yakni olahraga, demam tinggi dan otak yang mendeteksi ancaman. Bila Anda terus-menerus berkeringat, itu mungkin pertanda bahwa Anda terlalu cemas.

Tubuh kita perlu mengeluarkan semua air melalui kulit dan melalui ginjal agar tidak sering buang air kecil di malam hari.

6. Mulut kering

Jika Anda terus-menerus haus dan tidak makan apa pun yang asin, bisa jadi ini masalah kesehatan emosional Anda. Periode stres yang berkepanjangan bisa memblokir kelenjar ludah, sehingga membuat mulut kering dan kesulitan menelan karena dehidrasi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar