facebook

Karena Menderita PCOS, Rebel Wilson Mengatakan Berat Badannya Langsung Bertambah Drastis di Usia 20 Tahunan

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Karena Menderita PCOS, Rebel Wilson Mengatakan Berat Badannya Langsung Bertambah Drastis di Usia 20 Tahunan
Rebel Wilson. (Dok: Instagram/rebelwilson)

Namun, Rebel Wilson kini sudah menurunkan berat badannya sebanyak lebih dari 30 kilogram.

Suara.com - Aktris Rebel Wilson mengungkap kenaikan berat badan drastis yang dialaminya setelah usia dua puluhan disebabkan oleh Sindrom Polistik Ovarium (PCOS).

Berbicara di Life Uncut Podcast, wanita 41 tahun ini mengatakan bahwa dulunya ia memiliki berat badan yang normal ketika masih muda. Namun, ketika usianya mencapai dua puluhan, ukuran tubuhnya bertambah setelah didiagnosis PCOS.

"Saya mengalami sesuatu yang disebut Sindrom Polistik Ovarium dan salah satu efek sampingnya adalah kau dapat menabah berat badan dengan cepat saat berusia 20 atau 21," jelas Wilson, dilansir dari Mirror.

Karenanya wanita asal Australia ini memutuskan untuk berakting komedi. Karena menurutnya, kebanyakan komedian memiliki sesuatu terkait fisik yang kurang 'normal', misalnya dalam kasus Wilson adalah berat badannya.

Baca Juga: Catat! Ini Herbal dan Rempah yang Mampu Bantu Atasi PCOS

Sebagian besar wanita yang didiagnosis PCOS dapat mengalami penambahan berat badan. Untuk menurunkannya pun harus melalui perjuangan konstan, lapor Web MD.

PCOS merupakan gangguan hormonal paling umum yang terjadi pada wanita usia subur.

Rebel Wilson diet (Instagram @rebelwilson)
Rebel Wilson diet (Instagram @rebelwilson)

Mengapa PCOS menyebabkan penambahan berat badan?

PCOS mempersulit tubuh untuk menggunakan hormon insulin, yang biasanya membantu mengubah gula dan pati dari makanan menjadi energi.

Kondisi yang disebut sebagai resistensi insulin ini dapat menyebabkan insulin dan gula, atau glukosa, menumpuk di aliran darah.

Baca Juga: Hampir Mirip Penyebabnya, Kenali Perbedaan PCOS dan PCOD!

Tingkat insulin yang tinggi juga meningkatkan produksi 'hormon pria' androgen.

Kadar androgen yang tinggi dapat menyebabkan tanda seperti pertumbuhan rambut di tubuh, jerawat, menstruasi yang tidak teratur dan penambahan berat badan.

Karena kenaikan berat badan dipicu oleh hormon pria, maka biasanya terjadi di bagian perut. Jadi, alih-alih memiliki bentuk tubuh seperti buah pir, bentuk tubuh wanita yang menderita PCOS lebih seperti bentuk apel.

Namun, kini Rebel Wilson telah kehilangan lebih dari 30 kilogram setelah sering berolahraga dan mengubah gaya hidupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar