facebook

Hasil Riset Mengklaim bahwa Vaksin Moderna Lebih Efektif Cegah Infeksi Virus Corona Covid-19

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Hasil Riset Mengklaim bahwa Vaksin Moderna Lebih Efektif Cegah Infeksi Virus Corona Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19, vaksin Moderna, vaksin Pfizer (Pexels)

Vaksin Moderna lebih efektif mencegah infeksi virus corona Covid-19 setelah vaksinasi penuh.

Suara.com - Sebuah studi baru menemukan orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 mRNA Moderna lebih berisiko kecil untuk mengalami infeksi terobosan atau tertular virus corona Covid-19 setelah vaksinasi.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, juga menemukan bahwa mereka yang mendapatkan vaksin Moderna lebih berisiko kecil untuk dirawat di rumah sakit, dibandingkan dengan penerima vaksin Pfizer.

"Kami telah membandingkan risiko infeksi terobosan, rawat inap dan kematian akibat varian Delta di antara penerima vaksin mRNA, yakni vaksin Moderna dan Pfizer sambil mempertimbangkan karakteristik pasien dan wakt ke waktu," kata peneliti Rong Xu dari Case Western Reserve University dikutip dari Times of India.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS, infeksi terobosan terjadi ketika seseorang yang sudah vaksinasi penuh atau mendapatkan dua dosis vaksin mRNA terinfeksi virus corona Covid-19.

Baca Juga: Studi: Vaksin Covid-19 Sinovac Tidak Cocok untuk Melawan Virus Corona Varian Omicron

Pada penelitian ini, mereka meneliti infeksi terobosan akibat virus corona Covid-19, rawat inap dan tingkat kematian ketika varian Delta mendominasi. Tim peneliti menganalisis catatan kesehatan elektronik lebih dari 637.000 pasien yang vaksinasi lengkap.

Ilustrasi vaksin Covid-19, vaksin mRNA (pixabay.com)
Ilustrasi vaksin Covid-19, vaksin mRNA (pixabay.com)

Insiden infeksi terobosan dimasukkan jika orang tersebut sebelumnya belum pernah terinfeksi virus corona Covid-19 atau telah mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

Temuan menunjukkan bahwa tingkat kasus infeksi terobosan bulanan lebih tinggi di antara mereka yang mendapatkan vaksin Pfizer dibandingkan penerima vaksin Moderna.

Tidak ada perbedaan signifikan yang diamati pada tingkat kematian antara mereka yang menerima vaksin Moderna dan vaksin Pfizer-BioNTech.

Baca Juga: Tertular Virus Corona Covid-19 Tanpa Kontak Dekat dengan Pasien Positif, Bagaimana Bisa Seperti Itu?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar