facebook

5 Cara Mengatasi Masuk Angin, Sederhana tapi Ampuh

Yasinta Rahmawati
5 Cara Mengatasi Masuk Angin, Sederhana tapi Ampuh
Ilustrasi gambar (freepik)

Masuk angin merupakan kondisi tubuh saat terserang flu, demam, batuk, dan pusing, secara bersamaan. Adapun cara mengatasi demam yaitu sebagai berikut.

Suara.com - Masuk angin merupakan salah satu kondisi tubuh yang berarti demam, pusing flu, pilek, batuk, dan meriang atau tidak enak badan. Istilah masuk angin ini hanya populer di Indonesia. Lantas, bagaimana cara mengatasi masuk angin?

Diketahui, masuk angin merupakan suatu kondisi yang mana daya tahan tubuh dan imun seseorang turun sehingga membuat bakteri maupun virus bisa dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kurangnya paparan dari sinar matahari pada musim hujan membuat tubuh kekurangan vitamin D. Vitamin D sendiri merupakan nutrisi yang memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Karena daya tubuh menurun sehingga beberapa gejala penyakit lebih mudah muncul yang kemudian lebih dikenal dengan istilah masuk angin.

Baca Juga: Bulan Ini Sudah 43 Warga Pamekasan Jatim Kena Demam Berdarah, Tiga Orang Meninggal

Lantas, bagaimana cara mengatasi masuk angin? Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini ulasannya yang dilansir dari suara.com. 

1. Banyak Minum Air Putih

Air mempunyai manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, yakni membantu dalam mengontrol suhu tubuh serta meringankan demam atau meriang. Saat Anda masuk angin, usahakan untum menghindari minuman berwarna atau bersoda, lalu cobalah untuk menggantinya dengan mengonsumsi air putih hangat.

2. Istirahat yang Cukup

Saat kondisi tubuh lemah atau drop, sebaiknya lekaslah Anda istirahat. Karena memaksa tubuh untuk bekerja saat tubuh drop akan membuat Anda masuk angin, dan jika dipaksakan akan berdampak tidak baik pada kesehatan Anda.

Baca Juga: Terserang DBD, Tiga Warga Pamekasan Meninggal

3. Makan yang Cukup dan Sehat

Saat terserang masuk angin, cobalah  makan makanan yang mengandung vitamin serta sayuran dengan cukup untuk memulihkan kembali tubuh yang lemah. Makanlah dengan baik dan cobalah mengonsumsi obat yang  memiliki kandungan paracetamol, istirahat.

4. Menjaga Kelembapan Udara

Saat tubuh terserang masuk angin,  pastikan Anda kelembapan udara sekitar Anda terjaga dengan baik. Anda bisa menggunakan pelembap kabut atau alat penguap. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat penyembuhan Anda.

5. Minum Obat Sesuai Gejala

Cara mengobati masuk angin berikutnya yaitu pastikan Anda mengonsumsi obat yang sesuai dengan gejala yang Ands rasakan. Misalnya, jika Anda merasakan flu dan demam, minumlah obat yang memang untuk mengobati flu dan demam.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi masuk angin. Jika setelah melakukan cara-cara di atas kondisi tubuh masih belum membaik, segaiknya segera pergi ke dokter untuk periksakan kondisi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar