facebook

4 Penyebab Tremor, Terapkan Beberapa Metode Berikut Ini untuk Mengatasinya

Rima Sekarani Imamun Nissa
4 Penyebab Tremor, Terapkan Beberapa Metode Berikut Ini untuk Mengatasinya
Ilustrasi tangan tremor (shutterstock)

Tremor merupakan kontraksi otot berirama secara tidak disengaja yang membuat bagian tubuh tampak gemetar. Berikut ini beberapa penyebab tremor.

Suara.com - Sebagian orang mungkin menganggap tremor hanya ketidaknyamanan yang sepela. Walau begitu, banyak juga yang mengeluh gejalanya dapat menyebabkan kesulitan menggunakan tangan untuk tugas sehari-hari. Lantas, apa penyebab tremor sebenarnya?

Diketahui, tremor merupakan kontraksi otot berirama yang tidak disengaja yang membuat bagian tubuh tampak gemetar. Setiap orang memiliki sedikit getaran saat bergerak atau mempertahankan postur tertentu. Ini disebut tremor fisiologis.

Tremor fisiologis seringkali sangat kecil sehingga seseorang tidak melihat atau memperhatikannya. Gemetar tangan mungkin lebih terlihat ketika seseorang mengulurkan tangan lurus di depan tubuh atau ketika mereka stres atau cemas.

Tremor sebagian besar memengaruhi tangan. Namun, kondisi ini bisa juga terjadi di bagian tubuh lain, seperti kepala, lengan, kaki, batang tubuh, dan kotak suara (laring).

Baca Juga: 4 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Ilustrasi tangan dengan masalah tremor (shutterstock)

Lantas, apa kira-kira penyebab tremor? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Tremor

Tremor bisa diakibatkan oleh kondisi neurologis, masalah kesehatan lainnya, atau penggunaan obat-obatan. Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab tremor yang dilansir dari situs Medical News Today.

Peningkatan tremor fisiologis

Enhanced physiologic tremor (EPT) adalah bentuk yang lebih terlihat dari tremor fisiologis. Biasanya memengaruhi tangan dan jari di kedua sisi tubuh.

Baca Juga: Berisiko Picu Infeksi Mematikan, Segera Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku!

Kondisi neurologis

Tremor umumnya terjadi karena adanya masalah di bagian dalam otak yang mengontrol gerakan. Beberapa kondisi neurologis yang dapat menyebabkan tangan gemetar seperti cedera otak traumatis, struke, dan lainnya.

Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan juga dapat jadi penyebab tremor atau tangan gemetar. Adapun kondisi kesehatan tersebut meliputi kondisi kejiwaan (depresi, gangguan stres, gangguan kecemasan), kelainan degeneratif, penyalagunaan alkohol, gagal ginjal, dan lainnya.

Ilustrasi obat. (Elements Envanto)
Ilustrasi obat. (Elements Envanto)

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan tremor tangan. Contohnya meliputi obat asma, obat antidepresan tertentu, obat kejang, obat antiaritmia, obat kanker, obat antivirus tertentu, antibiotik spesifik, dan lainnya.

Cara Mengatasi Tremor

Ada beberapa metode yang mungkin dapat digunakan orang untuk membantu menghentikan tangan dari masalah gemetar atau tremor. Beberapa cara yang direkomendasikan adalah perubahan gaya hidup, mengobati kondisi yang mendasari teknik psikologis, mengganti obat, terapi fisik, dan terapi okupasi.

Demikian informasi mengenai penyebab tremor dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar