facebook

Manfaat Olahraga Sepatu Roda, Bisa Membakar Kalori Setara Aerobik Lho

Yasinta Rahmawati
Manfaat Olahraga Sepatu Roda, Bisa Membakar Kalori Setara Aerobik Lho
Ilustrasi gambar manfaat olahraga sepatu roda. (freepik)

Selain menyenangkan, rupanya bermain sepatu roda juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut manfaat olahraga sepatu roda.

Suara.com - Selama beberapa dekade ini, sepatu roda dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan dan santai. Selain menyenangkan, rupanya bermain sepatu roda juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang serius bagi tubuh lho. Kira-kira apa saja manfaat olahraga sepatu roda untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Jika Anda adalah seseorang yang suka bermain sepatu roda atau ingin menambahkan opsi baru ke rutinitas kebugaran Anda, Anda bisa bermain sepatu roda. Melansir dari sejumlah sumber, adapun manfaat olahraga sepatu roda yakni sebagai berikut.

1. Mengistirahatkan lutut dan sendi

Bermain sepatu roda memungkinkan persendian Anda mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan dari hentakan. Seperti yang diketahui, berjalan, joging, dan berlari dapat menguras tubuh. Namun, sepatu roda tidak membutuhkan banyak gerakan, sehingga membantu dalam mengistirahatkan lutut dan sendi Anda. 

Baca Juga: Polisi Tak Berikan Sanksi ke Rombongan Pesepatu Roda yang Viral Melintas di Jalan Raya Jakarta

2. Gunakan Banyak Otot

Meskipun Anda mungkin berasumsi bahwa roda pada sepatu roda Anda melakukan sebagian besar pekerjaan, gerakan meluncur membutuhkan banyak otot yang bekerja. Jelas, otot yang paling sering digunakan adalah di kaki Anda. Namun otot-otot lain juga terlibat, termasuk yang ada di perut dan punggung Anda. Ini membuat sepatu roda menjadi latihan seluruh tubuh yang menyehatkan otot.

Ilustrasi sepatu roda. (Shutterstock)
Ilustrasi sepatu roda. (Shutterstock)

3. Membakar Kalori

Sepatu roda dapat membantu Anda menggunakan lebih banyak kalori setiap hari. Olahraga sepatu roda dapat mengurangi atau membakar kalori yang setara dengan latihan aerobik tingkat sedang. Jika Anda ingin lebih banyak membakar kalori dengan sepatu roda, maka Anda bisa bermain sepatu roda lebih cepat dan dengan lebih banyak intensitas.

4. Meningkatkan Mood

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lainnya bermain sepatu roda bukan hanya membuat tubuh Anda sehat, tapi sepatu roda juga baik untuk kesehatan mental Anda. Sama seperti latihan kardio, sepatu roda meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong terciptanya endorfin yang membuat mood Anda merasa lebih baik. Jika Anda merasa sedih? Coba kenakan sepatu roda dan bermainlah dengan bebas.

5. Menjaga Keseimbangan

Ketika Anda memiliki rasa keseimbangan yang lebih baik, ini membantu dalam mengurangi risiko jatuh dan melukai diri sendiri. Sepatu roda akan menyebabkan Anda secara bertahap mendapatkan keseimbangan fisik yang lebih baik, memungkinkan Anda untuk merasa lebih percaya diri dalam situasi lain.

Demikian ulasan mengenai manfaat olahraga sepatu roda untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui. Sepatu roda bisa menjadi olahraga menyehatkan yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar