facebook

7 Akibat Kurang Minum Air Putih, dari Bau Mulut hingga Pusing

Yasinta Rahmawati
7 Akibat Kurang Minum Air Putih, dari Bau Mulut hingga Pusing
Ilustrasi gambar akibat kurang minum air putih. (freepik)

Akibat kurang minum air putih akan membuat Anda dehidrasi. Jika dehirasi maka akibatnya akan mengalami pusing atau sakit kepala, bau mulut, kulit kering, kram otot, dll.

Suara.com - Setiap makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Jika Anda haus, itu adalah tanda yang paling jelas bahwa Anda  mengalami dehidrasi atau kurang minum air putih, artinya tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan untuk berfungsi dengan baik. Nah, berikut ini akibat kurang minum air putih yang bisa terjadi.

Mengutip dari MedlinePlus, dehidrasi tidak hanya berarti tubuh Anda kehilangan air, tetapi itu juga berarti Anda kehilangan elektrolit, seperti garam  dan  potasium, yang membantu tubuh Anda bernapas, bergerak, berbicara, dan melakukan semua hal lain yang dibutuhkan  untuk tetap bangun dan berlari.

Para peneliti menemukan bahwa seiring waktu, tubuh menjadi lebih buruk dalam mendeteksi penanda dehidrasi (seperti kadar garam yang tinggi dalam darah), dan tanpa sinyal ini, orang dewasa yang lebih tua mungkin tidak menyadari bahwa mereka mengalami dehidrasi atau kurang minum air putih.

Nah melansir dari situs Everyday Health, berikut ini akibat kurang minum air putih yang penting untuk Anda ketahui.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Tubuh saat Musim Panas, Konsumsi 4 Makanan Ini agar Tak Dehidrasi!

1. Bau Mulut

Air liur memiliki sifat antibakteri, tetapi dehidrasi atau kurang minum air putih dapat mencegah tubuh Anda membuat cukup air liur. Jika Anda tidak memproduksi air liur yang cukup, Anda bisa mendapatkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di mulut, dan salah satu efek sampingnya adalah bau mulut. 

2. Kulit Kering atau Kemerahan 

Banyak orang berpikir bahwa orang yang kurang minum air putih akan berkeringat. Tetapi kenyataannya, jika Anda kurang minum air putih, Anda akan mendapatkan kulit yang sangat kering. Selain itu, kulit mungkin juga akan tampak memerah.

Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

3. Kram Otot

Baca Juga: Viral Penumpang Pesawat Kepanasan Hingga Buat Anak Kecil di Dalamnya Nangis

Ketika tubuh Anda kehilangan cukup cairan, salah satu akibat berikutnya yang dapat Anda rasakan yakni kram otot. Kram otot ini bisa terjadi saat berolahraga, terutama saat cuaca panas.

Komentar