facebook

Mantan Jubir Covid-19 Ahmad Yurianto Meninggal Dunia, Simak Lagi Faktor Risiko Kanker Usus Besar

M. Reza Sulaiman
Mantan Jubir Covid-19 Ahmad Yurianto Meninggal Dunia, Simak Lagi Faktor Risiko Kanker Usus Besar
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (Youtube BNPB Indonesia)

Mantan Jubir Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto meninggal dunia hari ini, Sabtu (21/5/2022). Yuri beberapa kali masuk rumah sakit karena kanker usus besar dan stroke.

Suara.com - Mantan Jubir Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto meninggal dunia hari ini, Sabtu (21/5/2022). Yuri, panggilan akrabnya, beberapa kali masuk rumah sakit karena penyakit kanker usus besar dan stroke.

"Benar (Ahmad Yurianto meninggal dunia)," terang Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, drg. Widyawati melalui pesan singkatnya kepada suara.com.

Yuri mendapat perawatan komprehensif dan ditangani dengan khusus, melibatkan berbagai para spesialis dari mulai dokter penyakit dalam, dokter saraf, hingga dokter bedah pencernaan.

Berikut ini faktor risiko kanker usus besar dan rektum yang perlu diketahui dan diantisipasi, dikutip dari Hello Sehat:

Baca Juga: BREAKING NEWS! Mantan Jubir Covid-19 Achmad Yurianto Meninggal Dunia

Juru bicara Covid-19, Achmad Yurianto (Dok Setkab.go.id)
Juru bicara Covid-19, Achmad Yurianto (Dok Setkab.go.id)

1. Usia Lanjut

Usia menjadi salah faktor risiko dari kanker kolorektal. Ini karena umumnya sel kanker membutuhkan waktu bertahun-tahun menjadi sel abnormal.

Sama seperti benda yang digunakan setiap hari, lambat laun tentu akan mengalami kerusakan. Ini sama berlaku dengan sel yang kemudian bisa memicu kanker.

Inilah sebabnya, kebanyakan orang yang mengalami sel kanker berusia di atas 50 tahun. Meskipun, beberapa di antaranya juga bisa memiliki penyakit ini di usia muda.

2. Riwayat Memiliki Polip atau Kanker Kolorektal

Pada beberapa orang, penyebab meningkatkan risiko kanker usus besar atau rektum adalah polip. Polip merupakan gumpalan kecil yang terbentuk di usus besar, rektum, maupun bagian tubuh lain.

Baca Juga: Kabar Duka, Mantan Jubir Covid-19 Yurianto Meninggal Dunia Usai Dirawat Karena Kanker Usus

Salah satu jenis polip, yakni polip adenomatosa berisiko tinggi berubah menjadi kanker jika ukurannya melebihi satu centimeter.

Komentar