Minum Minuman Manis Tiap Hari Meningkatkan Risiko Kanker Hati hingga 70 Persen Lebih, lho!

Cesar Uji Tawakal, Rosiana Chozanah

Kamis, 16 Juni 2022 | 07:48 WIB
Minum Minuman Manis Tiap Hari Meningkatkan Risiko Kanker Hati hingga 70 Persen Lebih, lho!
Minuman kemasan [shutterstcok]

Suara.com - Minum-minuman dengan pemanis buatan memang tidak menyehatkan. Terlebih jika dikonsumsi secara rutin, maka dapat memicu berbagai penyakit, dari diabetes hingga kanker.

Seperti yang ditunjukkan dalam salah satu penelitian terbaru, yang dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society Nutrition, pada Selasa hingga Kamis (14-16/6/2022) pkan ini.

Dalam penelitian oleh berbagai instansi, termasuk dari Harvard TH Chan School of Public Health, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi minuman manis, walau satu kali per hari, meningkatkan 73 persen kemungkinan untuk terkena kanker hati.

Sementara wanita yang minum minuman manis lebih dari satu kali per hari berisiko 78 persen lebih tinggi terkena kanker tersebut, lapor Insider.

Studi ini didasarkan pada analisis data dari 90.504 wanita pascamenopause, berusia 50 hingga 79 tahun, selama hampir 19 tahun masa tindak lanjut.

Ilustrasi soda diet. (Unsplash/CorrieMiracle)
Ilustrasi soda diet. (Unsplash/CorrieMiracle)

Peneliti ingin mengetahui apakah ada dampak dari rutinitas konsumsi minuman manis, seperti soda dan minuman kemasan perasa buah, dengan risiko kanker hati.

Berdasarkan data World Cancer Research Fund International, kanker hati merupakan jenis yang keenam yang paling sering didiagnosis orang-orang di seluruh dunia.

Sebelum penelitian ini, jenis minuman lain juga dapat meningkatkan risiko kanker hati, seperti minuman beralkohol.

Sementara kopi dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker hati.

baca juga

Jadi, temuan studi ini menunjukkan bahwa mengurangi asupan minuman manis dapat membantu mengurangi risiko kanker hati.

"Mengganti minuman manis dengan air, dan kopi atau teh tanpa gula dapat secara signifikan menurunkan risiko kanker hati," jelas penulis utama studi Longgang Zhao dari University of South Carolina.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Riset CISDI: Rerata Remaja Indonesia Konsumsi Minuman Manis Hingga 4,7 Mililiter per Hari

Riset CISDI: Rerata Remaja Indonesia Konsumsi Minuman Manis Hingga 4,7 Mililiter per Hari

Health | Rabu, 18 Mei 2022 | 18:25 WIB

Sering Konsumsi Minuman Manis Dalam Kemasan? Hati-Hati Penyakit Ini Mengintai!

Sering Konsumsi Minuman Manis Dalam Kemasan? Hati-Hati Penyakit Ini Mengintai!

Health | Rabu, 18 Mei 2022 | 15:01 WIB

Ekonomi Belum Pulih Seutuhnya, Penerapan Cukai Plastik dan Minuman Manis Berkemasan Mundur ke 2023

Ekonomi Belum Pulih Seutuhnya, Penerapan Cukai Plastik dan Minuman Manis Berkemasan Mundur ke 2023

Bisnis | Rabu, 20 April 2022 | 15:25 WIB

Terkini

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:55 WIB

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:12 WIB

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:48 WIB

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Jabar | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:06 WIB

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

×