facebook

Hanya karena Tubuhnya Berbulu, Karyawan Salon Menduga Wanita Ini Derita PCOS

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Hanya karena Tubuhnya Berbulu, Karyawan Salon Menduga Wanita Ini Derita PCOS
Ilustrasi waxing bulu ketiak (Elements Envato)

Apakah tubuh berbulu menjadi gejala PCOS?

Suara.com - Beberapa wanita memiliki rambut atau bulu yang lebih banyak di sekujur tubuh daripada yang lain. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya biologis maupun masalah kesehatan tertentu.

Kondisi ini dialami oleh seorang gadis yang memiliki akun TikTok bernama @big.c.energy. Bahkan, bulu ketiaknya cukup lebat.

Suatu hari, ia ingin menghilangkan bulu-bulu di tubuhnya dengan melakukan waxing di salon.

Ketika tiba saatnya dia menjalani prosedur, karyawan salon terkejut dan menduga dirinya menderita sindrom polikistik ovarium (PCOS).

Baca Juga: Momen Hangat Vincent Rompies dan Anak Istri di Tepok Bulu 2022

"Hal yang dikatakan karyawan salon kepadaku, 'tubuhmu sangat berbulu, kemungkinkan kamu menderita PCOS. Menjaga bulu ketiak itu jorok'," tulisnya dalam video TikTok, yang diunggah Jumat (1/7/2022).

Gadis yang diduga menderita PCOS (TIkTok)
Gadis yang diduga menderita PCOS (TIkTok)

Karyawan salon pun akhirnya menghilangkan bulu-bulu di jari kakinya juga.

Namun, @big.c.energy tidak menjelaskan apakah dirinya benar menderita PCOS atau tidak.

Berdasarkan Verywell Health, tumbuhnya bulu di wajah atau di seluruh tubuh (hirsutisme) meruapakan salah satu gejala PCOS. Tanda ini memengaruhi 70 hingga 80 persen penderita.

Kondisi banyaknya bulu di tubuh ini dipicu oleh kelebihan produksi androgen, hormon yang bertanggung jawab atas karakteristik pria (seperti tumbuh bulu di wajah).

Baca Juga: 5 Fakta Vindes Sport Tepok Bulu 2022, Seru Hadirkan Segudang Artis sampai Taufik Hidayat

Penderta PCOS dengan gejala hirsutisme akan serang mengalami pertumbuhan bulu berlebih di wajah, dada, leher, punggung, hingga kaki.

Tetapi di sisi lain, peroduksi androgen secara berlebih dapat menyebabkan kerontokan rambut, yang terjadi pada satu dari lima penderita PCOS.

Komentar