facebook

5 Cara Alami Mengatasi Sakit Perut yang Bikin Tak Nyaman

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
5 Cara Alami Mengatasi Sakit Perut yang Bikin Tak Nyaman
Ilustrasi sakit perut (Elements Envato)

Sakit perut bisa diredakan dengan lima jenis pengobatan herbal yang mudah dibuat di rumah berikut ini.

Suara.com - Meski terkesan sepele, namun sakit perut akan membuat tubuh menjadi tak nyaman dan menganggu aktivitas sehari-hari. Sakit perut sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor mulai dari infeksi bakteri hingga virus yang memicu peradangan.

Mengutip insider, sakit perut bisa diredakan dengan lima jenis pengobatan herbal yang mudah dibuat di rumah berikut ini. Namun hal yang perlu diingat adalah, jika sakit perlu berlanjut, segera hubungi profesional!

1. Jahe
Jahe adalah obat herbal yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Jahe juga jadi obat efektif yang direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah sakit perut dan mual.

Jahe mengandung antiinflamasi yang ampuh mengurangi dan meredakan mual dan muntah. Caranya, jahe cukup dicampurkan dalam air teh, atau bisa dengan cara mengunyah akar jahe segar.

Baca Juga: Alert! Merek Es Krim Ini Disebut Picu Wabah Listeria Hingga Bikin Satu Orang Meninggal

2. Peppermint
Herbal satu ini dipandang sangat ampuh untuk meredakan gejala sakit perut yang berhubungan dengan gas, seperti perut kembung. Peppermint mengandung mentol dan metil salisilat yang punya sifat antispasmodik yang bisa meredakan otot perut tegang, dan sangat baik untuk penderita IBS.

3. Terapi Air Panas
Menggunakan bantal pemanas atau botol yang berisi air panas akan meredakan gejala sakit perut. Tapi ingat, harus ada penghalang antara kulit dengan bantal pemanas untuk menghindari luka bakar.

Terapi ini dilakukan dengan berbaring menggunakan posisi yang nyaman, lalu letakkan bantal pemanas atau botol air panas di bagian atas atau bawa perut lokasi nyeri. Panas bisa sangat bermanfaat untuk melemaskan otot di perut dan menghilangkan gas.

4. Terhidrasi
Dehidrasi bisa menyebabkan tubuh mengalami ketidakseimbangan mineral dalam tubuh, yang hasilnya mengganggu fungsi tubuh, salah satunya sakit perut. Jadi pastikan untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup, terlebih saat sakit banyak mengeluarkan keringat, diare atau bahkan muntah.

5. Konsumsi Cuka Sari Apel
Herbal ini sangat efektif untuk meredakan sakit perut yang disebabkan gas atau gangguan pencernaan. Berikut resep cuka sari apel untuk sakit perut, yang diresepkan dokter hemeopati:

Baca Juga: Penjelasan Dokter Hewan soal Mengosumsi Daging Terinfeksi PMK

  • Satu cangkir air hangat
  • Satu sendok makan cuka sari apel
  • Satu sendok makan madu.

Ketiga bahan tersebut dicampurkan dan diminum, yang niscaya tidak hanya ampuh meredakan sakit perut, tapi juga mengobati iritasi tenggorokan akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Komentar