Apple Pie McD yang Populer di Medsos Kini Hadir di Indonesia

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Apple Pie McD yang Populer di Medsos Kini Hadir di Indonesia
Apple Pie ala McDonald's dijual secara merata di McDonald's seluruh Indonesia mulai Selasa (18/10/2016). (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Di Indonesia sempat ada sekitar akhir tahun 90-an, tapi ...

Suara.com - Beberapa hari belakangan, media sosial sempat diramaikan dengan foto-foto hidangan penutup Apple Pie, dari restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS), McDonald's. Belum secara resmi diluncurkan, menu satu ini sudah mendapat sambutan yang cukup luar biasa bagi pasar Indonesia.

Jika Anda sempat mencari menu unik satu ini di beberapa restoran McDonald's dan belum berhasil menemukannya, hari ini, Selasa (18/10/2016), Apple Pie sudah mulai dijual secara merata di McDonald's seluruh Indonesia.

Menurut Sutji Lantyka, Associate Director Communication McDonald's Indonesia, sebenarnya Apple Pie sudah sejak lama dijual McDonald's di banyak negara. Sedangkan di Indonesia, Apple Pie sempat tersedia pada akhir tahun 90-an.

"Dulu sekitar tahun 90-an, McDonald's Indonesia sempat jual Apple Pie. Tapi terputus, dan ternyata banyak yang nanya. Kok di sini nggak ada Apple Pie lagi, sementara di negara lain ada. Akhirnya kita hadirkan lagi menu ini," kata dia dalam temu media, di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Berbeda dari Apple Pie lainnya, hidangan penutup yang pertama kali ditemukan oleh Litton Cochran, pemilik McDonald's pertama di Knoxville, Tennessee, AS, ini begitu garing, lembut dan gurih dengan isi potongan buah apel yang manis dan juicy.

Sutji menambahkan bahwa potongan apel yang digunakan untuk menu Apple Pie di McDonald's Indonesia, menggunakan apel jenis 'Pink Lady' asal Australia.

"Adonan Apple Pie nya juga diimport langsung dari Australia. Jadi dibawa ke Indonesia dalam kondisi beku, lalu tinggal kita goreng di sini," jelas dia.

Untuk menyiapkan satu buah Apple Pie, Sutji menjelaskan, pelayan McDonald's membutuhkan waktu sekitar 26 menit. Ini dikarenakan, Apple Pie harus digoreng dengan suhu yang sangat panas, mengingat kondisinya yang masih beku. Di mana 20 menit untuk menggoreng dan 6 menit untuk proses pendingingan.

"Jadi nggak bisa langsung kita kasih ke tangan pembeli. Karena ada di menu reguler, mulai pukul 11.00 - 05.00 pagi, biasanya kita akan goreng sebelum jam 11. Nanti restock lagi kalau habis," ujar dia

Rasa Apple Pie ini, lanjut Sutji, juga sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, sehingga rasa kayu manisnya tidak terlalu kuat dan apelnya tidak terlalu asam. Porsinya pun, diakuinya lebih kecil dibandingkan di negara lain.

Penasaran mencicipi hidangan yang sedang populer ini? Apple Pie dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp10 ribu, sudah termasuk pajak.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS