Mengapa Minum Wine Bikin Anda Lebih Pintar?

Chaerunnisa | Dinda Rachmawati
Mengapa Minum Wine Bikin Anda Lebih Pintar?
Ilustrasi tiga perempuan sedang bercengkrama sambil menikmati wine. [shutterstock]

Wine dianggap dapat mengaktifkan lebih banyak materi abu-abu di otak.

Suara.com - Wine atau anggur tidak hanya terasa enak di lidah, tapi meminumnya bisa membuat Anda lebih pintar

Menurut ahli saraf Yale Gordon Shepherd, minum wine dapat mengaktifkan lebih banyak materi abu-abu di otak daripada saat Anda mendengarkan musik, dan memecahkan persamaan matematika.

Shepherd mengeksplorasi hubungan antara otak dan kemampuan Anda untuk menafsirkan rasa anggur dalam bukunya "Neuroenology: How the Brain Creates the Taste of Wine (Neuroenology: Bagaimana Otak Menciptakan Rasa Wine)".

Minum anggur merupakan proses komposit. Ini melibatkan banyak elemen yang berbeda, termasuk cara Anda menyesap anggur, bagaimana lidah Anda menggerakkan anggur di sekitar mulut Anda, bagaimana hidung Anda merespons aroma anggur, dan sebagainya.

Berbicara kepada National Public Radio, Shepherd menjelaskan mengapa penelitiannya tentang mencicipi anggur ini memusatkan perhatian kepada para peminum itu sendiri.

"Anda tidak hanya menaruh anggur di mulut Anda dan meninggalkannya di sana. Anda memindahkannya lalu menelannya, yang merupakan motor yang sangat rumit," jelasnya.

Otak memainkan peran yang sangat penting dalam memecahkan rasa anggur. Shepherd menyamakannya dengan pandangan mata kita terhadap warna.

"Analogi yang bisa dipakai adalah warna. Objek yang kita lihat tidak memiliki warna sendiri, cahayalah menerpa mereka dan memantulkan. Saat itulah cahaya menyerang mata kita, sehingga mengaktifkan sistem di otak yang menciptakan warna dari panjang gelombang yang berbeda," ujar dia.

"Demikian pula dengan molekul anggur yang tidak memiliki rasa atau rasa, tapi saat merangsang otak kita, otak aka. menciptakan rasa dengan cara yang sama sehingga menciptakan warna sendiri," tandasnya.

Jadi, dengan menikmati rasa lezat dari Sauvignon Blanc, Anda benar-benar akan melibatkan otak Anda dalam aktivitas yang sangat sadar. Ingatlah hal itu saat minuman tersebut Anda minum di Natal ini. (Independent)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS