alexametrics

Tiang Telepon Peninggalan Belanda Masih Berdiri Kokoh di Depok

Vania Rossa | Firsta Nodia
Tiang Telepon Peninggalan Belanda Masih Berdiri Kokoh di Depok
Tiang telepon peninggalan Belanda. (suara.com/Firsta Putri Nodia)

Sayang, kondisinya terbengkalai karena tak banyak yang tahu bahwa itu adalah tiang bersejarah.

Suara.com - Sekilas tak ada yang spesial dengan tiang setinggi tujuh meter yang berdiri kokoh di jalan Kartini, Pancoran Mas, Kota Depok Depok. Namun jika ditilik lebih dekat, tiang tersebut bukan sembarang tiang.

Disampaikan Adjie selaku Tour Guide dari Jakarta Food Traveler, tiang tersebut adalah tiang telepon peninggalan Belanda. Adjie mengatakan bahwa dulu tiang inilah yang menghubungkan warga Depok untuk berkomunikasi via telepon.

"Tiang telepon ini sangat langka. Hampir tidak bisa kita temukan lagi di seluruh daerah. Di Depok ada di kawasan Pancoran Mas ini," ujar Adjie saat memimpin tur.

Sayang, meski bernilai sejarah, tiang ini kini tak ubahnya seonggok besi tua yang dibiarkan tak terawat. Warnanya sudah usang dan jeratan tali tambang melilit tiang bekas pemasangan spanduk.

Baca Juga: PDIP Jakarta Dukung Gubernur Anies Dilaporkan ke Polisi

"Ini adalah tiang telepon pertama. Sayangnya tidak banyak warga yang tahu. Jadinya dibiarkan terbengkalai," tambah dia.

Benar saja, Astrid, warga Depok baru mengetahui kalau tiang tersebut merupakan tiang telepon. Selama ini Ia berpikir bahwa tiang tersebut adalah tiang listrik yang sudah tak dirawat.

"Kalau ke Alfa sering lihat karena letaknya bersebelahan. Tapi baru tahu sekarang kalau itu tiang telepon pertama di Depok," kata Astrid.