Yuk, Telusuri Sejarah dan Budaya Kota Balikpapan yang Unik!

Fabiola Febrinastri
Yuk, Telusuri Sejarah dan Budaya Kota Balikpapan yang Unik!
Kota Balikpapan. (Sumber: bobocantik)

Kota ini digelari The World's Most Loveable City.

Suara.com - Keberhasilan Balikpapan meraih beberapa penghargaan terkait kebersihan dan lalu lintas menjadikannya semakin diperhatikan dunia. Ditambah lagi, pertumbuhan infrastruktur yang pesat dalam 20 tahun terakhir dan perekonomian yang kian membaik.

Itu sebagian alasan mengapa kota ini digelari “The World's Most Loveable City”.

Kota Balikpapan. (Sumber: bobocantik)
Source : bobocantik

Kilas Sejarah
Banyak versi yang mengisahkan asal mula Kota Balikpapan. Versi pertama datang dari Kerajaan Kutai, yang menyebutkan, sultan meminta papan untuk membangun istana. Karena kayunya dinamakan “kutai tu”; maka daerah itu pun dinamakan Balikpapan. Ada juga versi Suku Pasir Balik yang tinggal di sepanjang teluk. Keturunannya menyebut wilayah tersebut, Kuleng Papan atau Balikpapan.

Sayangnya, semua itu hanya legenda dan tidak memiliki bukti kuat. Meski begitu, hari jadi Balikpapan ditetapkan sejak 10 Februari 1897. Keputusan ini didasarkan pada peristiwa pengeboran minyak pertama oleh Perusahaan Mathilda. Aktivitas tersebut merupakan wujud pasal kerja sama dengan Firma Samuel dan Co.

Daya Tarik Utama Kota Balikpapan
Keistimewaan Kota Balikpapan tak perlu diragukan lagi; tempat ini unggul dalam berbagai bidang. Dari sektor teknologi misalnya, Balikpapan memiliki pengelolaan yang bagus untuk pembuangan sampah, pengeluaran gas metana, serta pelestarian lingkungan. Kemudian berdasarkan kondisi kotanya, meski memiliki masyarakat heterogen, kawasan ini aman dan damai.

Lantas, apa yang menjadikan Kota Balikpapan kian menarik?
Salah satunya karena Kota Balikpapan memiliki tempat wisata yang menakjubkan. Saat mengunjungi kawasan ini, Anda serasa singgah ke taman Surga. Bagaimana tidak kagum, jika perkampungan kumuh disulap menjadi objek rekreasi yang Instagramable. Bahkan hutan yang nyaris gundul, bisa berubah menjadi daerah konservasi. Penasaran dengan kota yang satu ini, jangan lupa memesan tiket pesawat promo dari website ini ya.

Budaya Unik di Balikpapan
Kota Balikpapan tidak hanya dihuni oleh Suku Dayak, tetapi juga etnik lainnya. Karena itu, lahirlah budaya lokal yang menyatu dalam kebudayaan nasional.

Berikut ini beberapa budaya unik yang ada di Kota Balikpapan;
1. Memakai Sapei Sapaq

Sapei Sapaq. (Sumber: syahidhas)
Source : syahidhas

Sapei sapaq merupakan pakaian adat laki-laki asal Kalimantan. Bentuknya berupa celana sepanjang lutut yang disebut “abet koboq”. Ini dipadukan dengan atasan rompi (tanpa lengan) berwarna dasar hitam. Kemudian, di bagian kepala terdapat hiasan khas Kalimantan, sementara di pinggang terselip Mandau, senjata ala Borneo.

2. Mengenakan Kustin

Kustin. (Sumber: blogspot)
Source : blogspot

Kustin adalah pakaian adat khusus untuk kalangan menengah ke atas. Dulu, kostum ini digunakan untuk menghadiri acara pernikahan atau tradisi kerajaan. Biasanya, pakaian tersebut terdiri dari atasan berlengan panjang, kerah tinggi, serta berbahan beledu.

3. Upacara Erau

Upacara Erau. (Sumber: antaranews)
Source : antaranews

Semula, upacara Erau menjadi tradisi Kerajaan Kutai Kertanegara. Namun, pada 1971, aktivitas tersebut diselenggarakan dalam rangka pelestarian budaya. Biasanya dilaksanakan setiap September dengan berbagai kegiatan, semisal, menidurkan ayu, menjamu benua, beluluh, bekanjar, dan begajuh.

4. Bebuang - Tradisi Suku Bugis


Bebuang. (Sumber: kompasiana)
Source : kompasiana

Tradisi ini mirip dengan larung saji yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa. Hanya saja, menunya lebih sederhana, semisal ketan kuning, ketan hitam, ketan putih, pisang, telur, serta sebuah buaya putih berbahan tepung. Pun tersedia satu ekor ayam putih yang dilarungkan bersama sesajen lain ke laut atau sungai.

5. Tradisi Memanjangkan Telinga dengan Anting


Tradisi memanjangkan telinga dengan anting. (Sumber: merahputih)
Source : merahputih

Sebenarnya, tidak semua suku di Kalimantan melanggengkan tradisi unik ini, namun Anda masih bisa melihat pemandangan tersebut manakala masuk ke pedalaman Kalimantan Timur. Mereka, yang melestarikan adat itu percaya bahwa kecantikan seorang perempuan bisa dinilai dari panjang telinga. Semakin panjang telinganya, maka ia dianggap semakin cantik oleh orang di sekitarnya.

Mengulas tentang keunikan budaya dan etnik di Balikpapan, khususnya Kalimantan Timur bakal tidak ada ujungnya. Daripada penasaran, lebih baik Anda siapkan liburan ke Balikpapan mulai sekarang. Pesan saat ini juga lewat website Airy. Anda bisa membeli tiket promo Batik Air agar mendapatkan biaya murah.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Ketika Ahok kesal akibat banyaknya orang yang tak peduli terhadap sesama, inilah yang dikatakannya! .
.
.
Simak berita selanjutnya : www.suara.com .
----
Follow @suaradotcom - Tanpa Suara Beda Artinya
----
.
.
.
#Suaradotcom #hotinfo #Jakarta #hotnews #beritapilihan #beritapopuler #beritaterkini 
#QuotesOfTheDay #basukitjahjapurnama #ahok #kutipanahok

INFOGRAFIS