5 Destinasi Wisata Ini Jadi Kebanggaan Warga Pekanbaru

Vania Rossa | Vessy Dwirika Frizona
5 Destinasi Wisata Ini Jadi Kebanggaan Warga Pekanbaru
Ikon kota Pekanbaru. (Instagram/@wisata_pekanbaru)

Jangan lupa mampir ke sini jika Anda berkesempatan mengunjungi Pekanbaru.

Suara.com - Kota Pekanbaru memang kurang populer sebagai destinasi wisata. Padahal, ibukota provinsi Riau ini punya beberapa destinasi wisata menarik, mulai dari wisata religi hingga sejarah. Ini dia daftar objek wisata menarik yang ada di sana.

Masjid Agung An Nur
Masjid Agung An Nur Pekanbaru. (Instagram/@wisata_pekanbaru)

Masjid yang menjadi ikon kota Pekanbaru ini merupakan masjid termegah di sana berkat arsitektur bangunannya yang menyatukan desain Melayu, Arab, India, dan Turki sekaligus. Di halaman depan masjid terdapat sebuah kolam besar, yang mengingatkan orang pada Taj Mahal yang ada di India. Masjid yang terdiri dari 3 lantai ini dapat menampung sekitar 4.500 jamaah sekaligus, lho.

Pasar Bawah
Pasar Bawah Pekanbaru, (Instagram/@wisata_pekanbaru)

Bagi Anda yang suka belanja, jangan sampai tidak mampir ke Pasar Bawah. Pasar yang jadi kebanggaan warga Pekanbaru dan destinasi wajib setiap wisatawan ini menjual aneka oleh-oleh khas setempat, seperti lempuk durian, ikan asap, ikan asin, kain tenun Riau, dan aneka aksesori perempuan bermotif etnik. Yang unik, di sini juga dijual aneka cokelat dan suvenir dari negara tetangga, yang dijual dengan harga relatif sama dengan yang dijual di negara asalnya.

Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S. Pekanbaru, (Instagram/@wisata_pekanbaru)

Perpustaaan megah ini disebut-sebut sebagai yang terbaik di ASEAN. Dengan bentuk bangunan yang menyerupai sebuah buku terbuka dengan banyak pilar-pilar besar, tak heran jika perpustakaan Soeman H.S menjadi daya tarik tersendiri bagi para warga setempat maupun wisatawan. Berbagai jenis buku tersedia di perpustakaan ini, mulai buku pendidikan hingga buku anak-anak. Koleksi buku yang lengkap, ruangan megah ber-AC, dan fasilitas wi-fi gratis, bikin pengunjung betah berlama-lama di sini.

Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama Pekanbaru, (Instagram/@wisata_pekanbaru)

Jika Anda penasaran dengan sejarah dan budaya Melayu, datanglah ke Museum Sang Nila Utama, atau dikenal juga dengan Museum Negeri Riau. Di sini Anda bisa melihat ribuan koleksi yang terdiri dari hasil kerajinan tangan, benda-benda dari zaman prasejarah, uang, bahkan naskah kuno tulisan tangan.

Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura, Pekanbaru, Riau. (Instagram/@wisata_pekanbaru)

Anda harus menempuh perjalanan 2 jam dari kota Pekanbaru untuk sampai ke istana ini. Ini merupakan situs peninggalan kerajaan melayu yang pernah berjaya di Riau. Di dalamnya, masih terdapat berbagai koleksi bernilai sejarah tinggi, seperti kursi singgasana sultan yang berbalut emas dan instrumen musik bernama 'komet' yang dibuat oleh ahli akustik Jerman yang memiliki piringan baja dan mampu menghasilkan suara indah.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS