Minum Lebih Banyak Bisa Bantu Atasi Insomnia

Vania Rossa

Senin, 12 November 2018 | 08:08 WIB
Minum Lebih Banyak Bisa Bantu Atasi Insomnia

Suara.com - Insomnia atau tak bisa tidur banyak dialami orang dewasa. Alasannya bervariasi, tapi umumnya adalah masalah psikologis ataupun konsumsi kafein yang berlebih. Tapi, penelitian terbaru menyebutkan bahwa kurang minum alias dehidrasi juga bisa bikin seseorang mengalami insomnia.

Penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Penn State University, Pennsylvania, menemukan fakta bahwa orang-orang yang tidur selama enam jam semalam memiliki urin yang lebih pekat daripada mereka yang tidur delapan jam semalam.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP ini melibatkan lebih dari 20.000 orang dewasa di Amerika dan China, dan para peneliti menganalisis kebiasaan tidur dan sampel urin mereka.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hubungan antara kualitas tidur dan hidrasi berpengaruh pada hormon dalam tubuh yang disebut vasopressin.

"Vasopresin dilepaskan lebih cepat dan memengaruhi siklus tidur," jelas pemimpin riset Asher Rosinger, yang merupakan asisten profesor di Penn State.

"Jadi, jika Anda bangun lebih awal, ada lebih banyak hormon dilepaskan dan menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh."

"Jika Anda hanya tidur enam jam setiap malam, itu dapat mempengaruhi status hidrasi Anda.

"Studi ini menunjukkan bahwa jika Anda tidak cukup tidur dan Anda merasa buruk atau lelah pada hari berikutnya, minumlah air lebih banyak," kata Rosinger.

Dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah efek buruk pada tubuh, seperti pusing, merasa mengantuk, serta memiliki urin berwarna gelap dan berbau tajam.

baca juga

Cara paling tepat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak cairan sepanjang hari dan menghindari atau membatasi minuman seperti kafein, teh dan alkohol, yang dapat menguras cairan dari dalam tubuh.

Tetapi ketika ditanya berapa banyak air yang harus diminum setiap hari, beberapa ahli menyarankan empat liter sementara yang lain mengatakan dua liter.

Tapi yang pasti, minumlah air putih untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, bukannya dengan minum soda atau minuman manis. Ada banyak cara sehat dan lezat untuk mengatasi dehidrasi. Misalnya, coba tambahkan buah berry ke dalam air putih. Ini dapat menambah rasa pada minuman, sekaligus membantu meningkatkan konsumsi vitamin C Anda.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Ibu Hamil Harus Minum Dua Gelas Lebih Banyak

Ibu Hamil Harus Minum Dua Gelas Lebih Banyak

Health | Kamis, 08 November 2018 | 11:02 WIB

Duh, Konsumsi Minuman Bergula di Indonesia Masih Tinggi

Duh, Konsumsi Minuman Bergula di Indonesia Masih Tinggi

Health | Rabu, 07 November 2018 | 18:15 WIB

Perokok Lebih Mudah Dehidrasi, Ini Anjuran Minum Per Hari

Perokok Lebih Mudah Dehidrasi, Ini Anjuran Minum Per Hari

Lifestyle | Rabu, 31 Oktober 2018 | 15:22 WIB

Terkini

Bukan Asal Murah, Ini 5 Kriteria Tasya Kamila Saat Memilih Perabotan Rumah Tangga

Bukan Asal Murah, Ini 5 Kriteria Tasya Kamila Saat Memilih Perabotan Rumah Tangga

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:37 WIB

Jetour T2 i-DM Padukan Desain Boxy Ikonik dengan Teknologi PHEV Modern

Jetour T2 i-DM Padukan Desain Boxy Ikonik dengan Teknologi PHEV Modern

Otomotif | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:35 WIB

HP 64 GB Mulai Lemot? Coba 6 Trik Sederhana Ini sebelum Ganti Ponsel

HP 64 GB Mulai Lemot? Coba 6 Trik Sederhana Ini sebelum Ganti Ponsel

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:35 WIB

Mengenal Tengku Mansyur Chalid, Pejuang Daerah asal Siak

Mengenal Tengku Mansyur Chalid, Pejuang Daerah asal Siak

Riau | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:33 WIB

Lomba Menghias Pasar Godean HUT ke-81 RI, Jadi Wujud Syukur Pedagang

Lomba Menghias Pasar Godean HUT ke-81 RI, Jadi Wujud Syukur Pedagang

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:26 WIB

Warga Diminta Urunan, Proposal HUT RI Rp76,2 Juta di Kecamatan IT I Palembang Viral

Warga Diminta Urunan, Proposal HUT RI Rp76,2 Juta di Kecamatan IT I Palembang Viral

Sumsel | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:22 WIB

Emas 23 Kg Senilai Rp63 M Nyaris Terbang ke Hong Kong, Diselundupkan 7 WNA China

Emas 23 Kg Senilai Rp63 M Nyaris Terbang ke Hong Kong, Diselundupkan 7 WNA China

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:20 WIB

Tak Melulu Merek Luar, ini 6 Sepatu Lokal yang Gak Kalah Keren!

Tak Melulu Merek Luar, ini 6 Sepatu Lokal yang Gak Kalah Keren!

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:15 WIB

Urutan Pemakaian Serum, Essence, dan Moisturizer yang Benar Saat Skincare-an

Urutan Pemakaian Serum, Essence, dan Moisturizer yang Benar Saat Skincare-an

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:10 WIB

Pemangkasan Tarif UMKM hingga 50 Persen di e-Commerce Masih Dibahas Pemerintah

Pemangkasan Tarif UMKM hingga 50 Persen di e-Commerce Masih Dibahas Pemerintah

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:07 WIB

×